in ,

Liburan di Hari Cuti Bersama? Jangan Lupa Perhatikan Protokol Kesehatan!

jangan sampai lupa dipraktikan ya

protokol kesehatan liburan
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Di akhir Oktober akan ada hari cuti bersama yang berlangsung pada 28 Oktober dan 30 Oktober. Bagi kamu yang mendapatkan libur dan ingin pergi berlibur, sebaiknya jangan melupakan protokol kesehatan liburan, ya!

Liburan di tengah pandemi bukan hal yang salah. Tapi, tidak bijak juga kalau kamu mengabaikan protokol kesehatan. Pasalnya, sampai saat ini pandemi masih belum usai, dan kamu tidak mau kan pulang dari liburan malah jatuh sakit?!

Pastikan tubuh sehat

Sebelum pergi berlibur, pastikan kondisi tubuh kamu fit. Kamu akan berkunjung ke tempat umum yang tidak kamu ketahui kondisinya. Pastikan tubuh kamu tidak mengidap gejala flu, demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sesak napas. Jika sudah bergejala, sebaiknya tunda liburan terlebih dahulu dan periksakan kesehatan.

Lakukan cek kesehatan

Kalau kamu ingin pergi dengan angkutan umum seperti pesawat dan kereta, sebaiknya jangan lupa untuk menyiapkan surat tes kesehatan. Kedua moda transportasi tersebut mewajibkan para penumpangnya untuk membawa berkas dokumen kesehatan. Kalau belum melakukan tes kesehatan, kamu bisa melakukannya beberapa jam sebelum keberangkatan di stasiun atau bandara.

Membawa alat protokol kesehatan pribadi

Traveling ketika pandemi memang akan membuat kamu membawa kebutuhan pribadi lebih banyak dari biasanya. Jangan pernah lupa membawa handsanitizer, disinfektan yang aman untuk baju atau sofa, serta sabun dan masker.

Sebenarnya, kamu tidak perlu terlalu sering menggunakan handsanitizer, pasalnya saat ini sudah banyak area yang menyediakan wastafel untuk mencuci tangan. Yang terpenting, jangan lupa cuci tangan. Sementara, disinfektan bisa digunakan ketika kamu perlu ke toilet umum atau di kamar hotel. Dan, jangan lupa untuk membawa masker cadangan sebagai ganti.

Jaga jarak

Tetap jaga jarak dengan pengunjung lain di lokasi wisata atau di tempat umum lainnya. Mereka benar-benar merupakan orang asing yang kamu tidak pernah tahu bagaimana riwayat perjalanannya. Kamu cukup menjaga jarak lebih kurang sekitar 1 meter.

Jangan menyentuh area muka sembarangan

Karena sebagian besar aktivitas dilakukan di luar ruangan, sebaiknya sebelum menyentuh bagian muka, seperti mata, hidung, dan mulut kamu harus mencuci tangan terlebih dahulu. Apalagi, jika berada di luar ruangan.

Ganti baju ketika memasuki penginapan

Setelah masuk ke penginapan, sebaiknya segera ganti baju agar tempat menginap kamu lebih terjaga kebersihannya.

 

 

 

tirta

Tirta, Game PS Besutan Anak Indonesia

rekomendasi podcast

Rekomendasi Podcast yang Sesuai dengan Mood Kamu