in , ,

Liburan ke Bali Harus Rapid Tes Antigen, Apa Bedanya dengan Rapid Tes Biasa?

oh jadi ternyata beda?

rapid test antigen
foto: Unsplash

Ngobrolin.id — Mulai 18 Desember 2020, wisatawan yang akan berkunjung ke Bali melalui jalur darat harus melakukan rapid tes antigen. Sementara itu, wisatawan yang berkunjung via udara harus melakukan tes PCR. Tes tersebut minimal harus dilakukan dua hari sebelum hari keberangkatan.

Setelah berita tersebut mencuat di beberapa portal media online, banyak orang bingung membedakan rapid tes antigen dengan rapid tes yang biasa dilakukan melalui sampel darah yang diambil dari ujung jari.

Rapid tes yang biasa dilakukan oleh masyarakat merupakan rapid tes antibodi. Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah antibodi di dalam tubuh, yaitu IgM dan IgG dapat melawan virus Corona atau tidak. Oleh karena itu, meski ada orang yang dinyatakan reaktif dari rapid tes ini, ketika di-swab hasilnya bisa negatif.

Sebenarnya, rapid tes ini dianggap sudah tidak efektif untuk mendeteksi virus Corona. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh memerlukan waktu selama 1—2 minggu untuk membentuk antibodi terhadap suatu virus. Dengan begitu, bisa jadi virus sudah menginfeksi tubuh tapi antibodi belum terbentuk dan hasil rapid tes tetap akan menjadi negatif.

Rapid tes lain yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah rapid tes antigen. Rapid tes ini berfungsi untuk mendeteksi antigen atau protein yang menjadi cikal bakal virus Covid-19 yang akan berkembang di dalam tubuh.

Sebenarnya, tingkat keakuratan rapid tes ini cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding rapid tes antibodi. Namun, tingkat keakuratan tersebut hanya bisa digunakan oleh seseorang yang sudah pernah terinfeksi virus Corona sehingga pemeriksaan rapid tes ini tidak disarankan untuk seseorang yang belum pernah terjangkit Covid-19.

Tingkat keakuratan rapid tes antigen pada pasien yang belum pernah terjangkit hanya sekitar 30 persen. Pemeriksaan ini menggunakan cairan yang terdapat di dalam hidung dan tenggorokan. Kita lebih mengenalnya dengan swab.

Metode tes Covid-19 yang dianggap lebih akurat dari rapid test adalah tes PCR (polymerase chain reaction).

 

losmen bu broto

Losmen Bu Broto Digarap Ulang Menjadi Film Layar Lebar, Wajib Ditunggu Nih!

Jesy Nelson

Jesy Nelson Memutuskan untuk Keluar dari Little Mix, Banyak Fans yang Terkejut