in

Liburan? Yuk, Kunjungi Wisata di Kalimantan Timur

Jalan-jalan ke provinsi calon ibu kota ini, yuk.

wisata di Kalimantan Timur
Foto: instagram derawanisland_

Ngobrolin.id — Kabar pindahnya ibu kota sudah diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur menjadi salah satu lokasi calon ibu kota baru tersebut. Sudah pernahkah kamu berkunjung ke sana? Ternyata, ada banyak lokasi wisata di Kalimantan Timur, lho. Berikut Tim Ngobrolin sajikan beberapa untuk jadi referensimu menghabiskan jatah cuti.

Pulau Derawan

wisata di Kalimantan Timur
Foto: instagram derawanisland_

Pulau Derawan merupakan primadona wisata di Kalimantan Timur. Lokasi ini memang tidak tepat berada di Kabupaten Kukar. Namun, kamu bisa mengunjunginya jika sudah berkunjung ke Kalimantan Timur. Perjalanan dilakukan menuju arah Tarakan atau Berau dengan pilihan waktu dan biaya yang berbeda.

Di pulau ini, kamu akan disuguhi pemandangan pantai yang sangat indah. Laut berwarna biru yang sangat jernih lengkap dengan pasir putih. Kamu bisa melakukan snorkeling, diving, atau sekadar menikmati keindahan ciptaan Tuhan. Dijamin penatmu langsung menguap.

Danau Labuan Cermin

wisata di Kalimantan Timur
Foto: instagram labuancermin

Kamu bisa mendatangi Danau Labuan Cermin yang terletak di Kecamatan Biduk-Buduk. Perjalanan yang ditempuh memang sangat jauh, yakni mencapai 6—7 jam perjalanan darat. Namun, semua itu akan terbayar begitu kamu sampai di destinasi wisata.

Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat bening, lengkap dengan suasana yang masih asri. Kamu bisa berwisata sambil menaiki perahu. Jika kamu memotret perahu di danau ini, kamu akan mendapati perahu tampak melayang saking jernihnya air yang mengalir.

Goa Haji Mangku

wisata di Kalimantan Timur
Foto: instagram embunpagitours

Suka wisata air secara langsung? Masih ada goa yang tak kalah menarik. Lokasinya berada di Kepulauan Derawan, tepatnya di tengah Pulau Maratua. Di sini, kamu akan disuguhi goa di tengah hutan yang berada tak jauh dari pantai.

Jika kamu ingin trekking goa ini, kamu perlu berhati-hati. Sebab, Goa Haji Mangku merupakan batuan karang yang cukup tajam. Dalam goa ini terdapat air yang mengalir dengan sangat jernih. Begitu pula dengan bibir goa yang terdapat sebuah kolam yang sangat bening. Duh, nggak mungkin nggak tergoda!

Pulau Kumala

wisata di Kalimantan Timur
Foto: instagram pulaukumala

Wisata di Kalimantan Timur juga bisa kamu lakukan dengan mengunjungi Pulau Kumala. Pulau ini terletak di tengah Sungai Mahakam yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara hingga barat Kota Tenggarong.

Pulau Kumala bisa ditempuh dari Jembatan Kutai Kartanegara hanya dalam waktu 30 menit. Di lahan seluas 76 hektare ini, pemerintah merancang sebuah taman wisata dengan arsitektur yang menggabungkan budaya modern dan tradisional. Penasaran?

tifus menular

Benarkah Tifus Menular dari Sesama Manusia?

merawat kompor gas

Tutorial Merawat Kompor Gas