in

Lionel Messi Dapat Pujian Dewa, Alien, Hingga Genius. Kok Bisa?

Lionel Messi
Foto: Paris Review

Ngobrolin.id — Hari ini, Senin(24/6), Kapten Barcelona dan timnas Argentina Lionel Messi berulang tahun. Pesepakbola yang punya julukan terbanyak ini genap berusia 32. Messi memulai karier profesional bersama Barcelona sejak 2004. Ia menjelma menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepak bola. La Pulga kini sudah mencetak 671 gol untuk Barcelona (603) dan timnas Argentina (68).

Bersama Cristiano Ronaldo, Messi dianggap sebagai pesepakbola terhebat dalam hampir dua dekade terakhir lho. Banyak puja-puji dan julukan yang diberikan untuk pesepak bola handal ini. Terkadang pujian untuk Messi cukup mencengangkan.

Messi sering dijuluki sebagai ‘Alien’ karena dianggap mampu bermain sepak bola di luar nalar manusia. Salah satu sosok yang menyebut Messi sebagai ‘Alien’ adalah mantan kapten Barcelona Carles Puyol.

“Barcelona ini akan diingat sebagai Barcelona-nya Messi. Dia akan berada di atas semua pemain yang pernah saya lihat. Dia adalah alien,” ujar Puyol dikutip dari Eurosport.

Messi juga sering dijuluki sebagai ‘Dewa’. Mantan penyerang Barcelona Samuel Eto’o dan mantan pelatih Azulgrana Frank Rijkaard adalah sebagian pihak yang menjuluki Messi dengan ‘Dewa’.

“Messi adalah Dewa, sebagai pribadi atau bahkan lebih sebagai pemain. Saya tahu dia sejak dia masih kecil dan saya menyaksikannya tumbuh. Dia pantas mendapatkan apa yang dia raih saat ini,” ujar Eto’o.

Sementara itu, Rijkaard mengatakan, “Anak saya delapan tahun dan impiannya adalah menyaksikan Messi langsung di Camp Nou. Messi adalah Dewa bagi semua orang.”

Julukan lain yang sering disematkan kepada Messi adalah ‘Genius’. Bahkan legenda timnas Argentina, Diego Maradona, tidak segan-segan menganggap Messi sebagai pemain ‘Genius’.

“Saya sudah melihat pemain yang akan menggantikan posisi saya di sepak bola Argentina dan namanya adalah Messi. Messi adalah genius,” ujar Maradona.

Julukan ‘Genius’ untuk Messi juga diberikan legenda timnas Inggris Gary Lineker.

“Messi genius. Yang terhebat dalam hidup saya. Saya tidak pernah benar-benar melihat Pele. [Graeme] Souness, [Ruud] Gullit, [Terry] Venables dan sekarang [Wayne] Rooney setuju Messi adalah pemain terbaik yang pernah mereka lihat. Dia menampilkan permainan yang tidak biasa kita lihat,” ucap Lineker.

rekomendasi film baru

Rekomendasi Film Baru yang Wajib Kamu Tonton di Juli

cara menyimpan buku

Berantakan? Begini Cara Menyimpan Buku yang Baik