in ,

Lockdown dan Dampaknya pada Suatu Negara

apasih lockdown itu? yuk simak penjelasannya

lockdown
foto: unsplash

Ngobrolin.id Lockdown menjadi kata yang sering kamu dengar belakangan ini. Entah dari seseorang ataupun saat kamu membaca berita yang bersliweran di beranda media sosial. Sebenarnya, lockdown tuh apa sih dan seberapa besar dampaknya pada kondisi suatu negara?

Lockdown merupakan perintah resmi yang dikeluarkan oleh pemerintahan suatu negara untuk membatasi seluruh aktivitas masyarakat atau kendaraan pada suatu wilayah dikarenakan sedang terjadi situasi yang bahaya.

Dilansir dari voi.id, Profesor Hukum dan Etika Kesehatan dari Washington College, Lindsay Wiley melalui akun Twitter-nya menyampaikan bahwa istilah lockdown yang kini muncul di tengah kesehatan publik merujuk pada sebuah usaha karantina geografis, atau dikenal dengan cordon sanitaire, yakni membuat sebuah pembatas dan mencoba untuk menghentikan orang untuk masuk atau keluar dari sebuah wilayah tertentu dengan pengecualian pengiriman barang atau keperluan penting.

Kesimpulannya, lockdown di tengah wabah virus corona adalah kebijakan pemerintah untuk membatasi seluruh aktivitas masyarakatnya dan menutup negaranya dari akses keluar masuk yang berasal dari luar negeri selama beberapa waktu untuk menghentikan laju penularan semakin parah,

Pemerintah harus ekstra hati-hati saat mengeluarkan kebijakan ini. Pasalnya, saat suatu negara sudah memilih lockdown, seluruh aktivitas terhenti, termasuk kegiatan sekolah, larangan aktivitas massa, perjalanan ke luar negeri, larangan masuk bagi WNA, penutupan universitas, dan penutupan beberapa institusi pemerintahan serta perkantoran. Dengan kata lain, aktivitas ekonomi pun akan terhenti selama beberapa waktu.

Sudah ada beberapa negara yang mengeluarkan kebijakan tersebut. Cina merupakan negara pertama yang menerapkan kebijakan untuk menutup seluruh akses menuju Kota Wuhan guna menghentikan penularan virus corona dengan mengarantina sebagian besar kotanya sejak akhir Januari 2020.

Negara selanjutnya yang menerapkan kebijakan ini adalah Italia yang dimulai sejak 10 Maret 2020. Irlandia melakukan kebijakan ini sejak 12 Maret hingga 29 Maret. Denmark pun sudah melakukan lockdown sejak 14 Maret hingga 14 April 2020.

Dilanjut dengan Spanyol yang mengeluarkan kebijakan tersebut untuk memerintahkan 47 juta penduduknya mengarantina diri sendiri di rumah selama dua pekan sejak 15 Maret 2020. Prancis pun mengeluarkan kebijakan lockdown pada 17 Maret 2020. Negara tetangga, yakni Malaysia, memutuskan untuk me-lockdown negaranya selama dua pekan sejak 18—30 Maret 2020.

Bukan keputusan mudah bagi Indonesia untuk menerapkan kebijakan tersebut karena akan berdampak besar terhadap seluruh sektor. Oleh karena itu, pemerintah saat ini mengeluarkan kebijakan social distancing untuk membatasi kontak sosial guna mencegah penularan. Aktivitas masyarakat masih tetap berjalan normal dengan sedikit batasan.

Yuk, sama-sama patuhi seluruh imbauan dari pihak terkait untuk mencegah penularan virus corona agar tidak semakin meluas.

 

social distancing

Ini Alasannya Social Distancing Dilakukan Selama 14 Hari

Deretan Jadwal Rilis Film yang Ditunda Penayangannya Akibat Corona