in

Logo Star Trek di Mars Apakah Hanya Kebetulan?

Planet Mars
Foto: newshub.com

Ngobrolin.id — Sebuah simbol misterius ditemukan di permukaan Planet Mars. Simbol tersebut tampak seperti logo yang tidak asing, yakni sering terdapat pada serial Star Trek. Seperti apa kebenarannya?

Star Trek adalah serial televisi yang pernah tayang di Amerika. Mengudara pada 1966, popularitas Star Trek melambung berkat semakin banyaknya penelitian mengenai luar angkasa. Puluhan tahun berlalu, Star Trek masih digandrungi dengan berbagai serial spin-off yang ditayangkan, film, hingga animasi.

Logo dalam film tersebut yang dimaksud adalah logo Starfleet, emblem yang banyak terdapat pada produk franchise mereka. Bentuknya sendiri mirip seperti kepala roket dengan bintang mengarah ke atas. Bentuk ini secara tidak sengaja juga ditemukan di permukaan planet yang hampir seukuran bumi ini.

Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA-lah yang menemukan simbol ini. Dilaporkan oleh CBS News, tanda berbentuk chevron ini ditemukan di gundukan pasir planet yang orbitnya dekat dengan bumi itu. Kamera yang menangkap berasal dari Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) NASA dengan tim kamera HiRISE atau Eksperimen Pencitraan Resolusi Tinggi di University of Arizona.

Bentuk ini sendiri dipercaya oleh peneliti berasal dari angin yang membawa gundukan pasir dan lava di bukit pasir. Bukit pasir tersebut membentuk bulan sabit yang dikelilingi oleh lava dari gunung api yang meletus.

Lava tersebut kemudian mengeras setelah keluar ke permukaan planet merah tersebut. Lava yang sudah mengeras kemudian tertutup oleh pasir. Pasir ini sendiri terbawa oleh angin yang bertiup di permukaan Planet Mars.

Logo ini bisa dilihat terletak di Hellas Platina, sebuah dataran besar dalam cekungan Hellas di belahan bumi selatan Planet Mars.

Sebelum mendapatkan gambar ini, satelit buatan MRO telah mengorbit di Planet Mars selama 13 tahun. MRO pertama kali dikirim pada 2005 silam. Satelit ini diprogram untuk secara rutin mengirimkan berbagai citra, foto, dan gambar yang ada di permukaan planet dengan kualitas yang tinggi. Hingga kini, sudah lebih dari 50 ribu gambar dikumpulkan oleh MRO.

Pesawat MRO digadang-gadang bisa digunakan juga untuk misi pengiriman manusia ke planet merah ini pada masa mendatang. Dengan ditemukannya logo ini, bagaimana menurutmu?

gejala tumor otak

Gejala Tumor Otak yang Harus Diwaspadai

Need to Calm Down

Diluncurkan: Musik Video Terbaru Taylor Swift