in ,

Maag? Hindari Makanan Ini!

Penderita maag sebaiknya menghindari makanan pemicu maag ini ya

makanan pemicu maag
Foto: pexels

Ngobrolin.idMaag atau radang lambung adalah luka atau peradangan pada lambung. Maag bisa mengakibatkan rasa sakit, mulas, dan perih pada perut. Pengobatan maag bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara pencegahan yang paling efektif adalah dengan menghindari makanan pemicu maag.

Makanan pedas

Makanan pedas tidak baik dikonsumsi bagi penderita maag, apalagi ketika maag yang diderita sedang kambuh. Makanan pedas yang menggunakan cabai akan mengandung kapsaisin. Zat yang ditemukan pada cabai tersebut dapat memicu produski asam pada lambung.

Makanan asam

Selain makanan pedas, makanan asam juga sebaiknya dihindari. Makanan asam yang mengandung cuka dan asam lain bisa merangsang perut dan merusak dinding lambung.

Kopi

Meskipun nikmat dan banyak digemari, nyatanya kopi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita maag. Kopi mengandung kafein dalam jumlah tinggi. Kafein ini bisa memicu produksi asam dan peradangan pada lambung.

Makanan berlemak

Makanan berlemak akan sulit dicerna. Ia bisa mengakibatkan lambung lambat terjadi pengosongan. Akibatnya, bisa terjadi peningkatan peregangan di lambung hingga asam lambung meningkat. Makanan berlemak ini juga mencakup kue tart, cokelat, dan keju.

Makanan yang melemahkan klep kerongkongan

Makanan yang dimaksud adalah jenis makanan yang bisa mengurangi kerja klep kerongkongan bawah. Akibatnya, cairan lambung bisa naik ke kerongkongan. Makanan dan minuman jenis ini adalah alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.

Makanan bergas

Makanan dengan kandungan gas yang cukup tinggi juga tidak baik dikonsumsi oleh penderita maag. Beberapa jenis makanan ini mencakup sayur-sayuran, buah-buahan, makanan berserat, dan minuman karbonasi. Contohnya adalah sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dan minuman soda.

Susu dan olahan susu

Susu mengandung laktosa sehingga ia cenderung sulit dicerna oleh tubuh. Jika laktosa tidak dicerna dengan baik, perut akan menjadi kembung dan menghasilkan gas yang menyebabkan diare. Susu memang bukan penyebab utama penyakit maag. Akan tetapi, jika sudah menderita maag, susu justru menjadi produk olahan yang harus dihindari. Apalagi ketika sedang kambuh, konsumsi susu yang berlebihan sebaiknya dihindari terlebih dahulu.

Makanan manis

Makanan manis yang dimaksud adalah yang dibuat dengan pemanis buatan. Fruktrosa atau jenis pemanis buatan yang lain diduga bisa menyebabkan penyakit maag. Hal ini karena zat tersebut tidak mampu dicerna dan diserap dalam tubuh secara sempurna.

asal mula hari buruh sedunia

Asal Mula Hari Buruh Sedunia

tingkat kematangan steak

Yang Mana Nih Tingkat Kematangan Steak Favoritmu?