in

Macam-Macam Seni Grafis Unik

seni grafis
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Cukup populer, seni grafis ternyata ada banyak macamnya, lho. Beberapa macam seni grafis ini dibedakan dari teknik menggambar atau mengukir permukaannya.

Seni grafis sendiri digolongkan ke dalam seni rupa murni. Hal ini berbeda dengan saudaranya, desain grafis, yang dimasukkan dalam seni rupa terapan. Perbedaan ini terlihat dari fungsi dan teknik pembuatan karya tersebut.

Macam-macam seni grafis pun ternyata cukup unik, guys. Simak dulu, ya.

Teknik woodcut

Bisa dibilang, ini adalah teknik yang paling dasar. Teknik woodcut dibuat dengan mencungkil permukaan kayu sebagai gambar. Seni grafis dengan teknik woodcut juga dianggap sebagai seni grafis tertua.

Satu plat kayu umumnya hanya digunakan untuk satu warna. Jika seniman bekerja dengan warna-warna yang berbeda, ia harus menggunakan plat lain yang berbeda. Seniman yang menginspirasi teknik woodcut antara lain Albrecht Durer, Hans Baldung, dan Katshusika Hokusai.

Teknik linocut

Teknik ini dikenal dengan teknik mengukir atau mencungkil desain pada balok linoleum. Permukaan yang tidak dicungkil akan terkena tinta dan menghasilkan gambar. Sementara, permukaan yang lebih rendah akan berwarna asli bahan balok.

Balok linoleum sendiri lebih mudah diukir daripada kayu karena permukaannya lebih lembut. Selain itu, teknik ini menghasilkan garis ukiran yang lebih halus. Hasil yang tidak tajam seperti potongan kayulah yang menjadi salah satu daya tarik.

Seniman yang jadi inspirasi teknik linocut adalah Pablo Picasso dan Henri Matisse.

Teknik stencil

Teknik stencil merupakan sebuah teknik seni grafis dengan mengecat memakai bantuan cetakan berpola. Cetakan tersebut sudah memiliki motif terlebih dahulu. Umumnya, cetakan terbuat dari kertas, karton, atau plastik mika.

Salah satu ciri khas teknik stencil adalah penggunaan motif yang berulang-ulang. Biasanya, penggunaan teknik ini diaplikiasikan untuk spanduk, sablon, tanda instansi, plat kendaraan, dan tembok. Seniman yang menjadi inspirasi teknik stencil salah satunya adalah Bansky. Karyanya yang memakai teknik ini adalah ‘let them eat crack’.

Teknik litography

Teknik litography dilakukan dengan mencetak lukisan pada media permukaan datar. Biasanya, lukisan dicetak pada batu kapur atau plat alumunium yang dapat menyerap tinta.

Kelebihan teknik ini antara lain mampu menghasilkan cetakan dengan gradasi halus dan detail yang bagus. Seniman yang menginspirasi teknik litography antara lain Emil Noide dan Juan Miro.

Teknik intaglio

Teknik ini dilakukan dengan mencetak dan menggoreskan gambar ke permukaan plat logam. Plat logam yang biasanya digunakan adalah alumunium, tembaga, dan seng. Ada empat jenis teknik intaglio.

Engraving merupakan teknik intaglio menggunakan alat yang disebut burin. Teknik kedua adalah etsa, teknik ini memungkinkan penggunanya untuk memakai asam nitrat alias HNO3. Teknik ketiga adalah mezzotint, yaitu menggunakan efek gelap ke terang atau bantuan gradasi warna. Terakhir adalah teknik dry point, yaitu menggambar dengan benda runcing.

Beberapa seniman yang menjadi inspirasi teknik ini adalah Daniel Hopfer dan Ludwig van Siegen.

warna bibir gelap

Hindari Warna Bibir Gelap Pakai Cara-cara Ini

cara mengatur ruangan

Cara Mengatur Ruangan Supaya Kamu Betah di Rumah