in ,

Makan Perlahan Bisa Bikin Berat Badan Turun, Lho!

harus dilakukan secara rutin dan diimbangi dengan asupan bergizi, ya!

makan perlahan
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Buat kamu yang senang makan secara perlahan, ternyata cara tersebut bisa menurunkan berat badan, lho. Ternyata, yang memengaruhi tubuh bukan hanya jenis makanan yang dikonsumsi, melainkan cara mengonsumsi makanan juga dapat berpengaruh terhadap kondisi tubuh seseorang. Makan perlahan dapat membuat tubuh menyerap nutrisi dengan efektif dan memperbaiki sistem pencernaan.

Seseorang yang makan secara perlahan atau lambat dapat merasa kenyang lebih cepat. Makan yang terlalu cepat bisa membuat seseorang mampu menambah porsi makan meski mereka sudah mengonsumsi kalori dalam jumlah yang cukup. Sementara itu, makan lambat akan membuat seorang lebih mudah kenyang dengan jumlah makanan yang normal atau lebih sedikit.

Selain itu, makan perlahan juga bisa mengontrol nafsu makan dan membuat kondisi gigi menjadi lebih sehat. Dengan begitu, jumlah kalori yang masuk ke tubuh menjadi lebih terbatas. Itu sebabnya cara ini cukup berguna buat seseorang yang tengah menjalani program diet.

Satu kali suap dianjurkan untuk mengunyah makanan sebanyak 25—50 kali. Cara ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi sudah terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh karena jumlah kalori yang masuk tidak berlebihan. Selain itu, mengunyah secara perlahan dapat membuat kamu menikmati rasa makanan dengan baik sehingga tidak perlu makan terlalu banyak untuk mendapatkan sensasi makan yang nikmat.

Jika aktivitas makan dilakukan selama 20 sampai 30 menit, usus akan menghasilkan hormon yang berfungsi untuk memberi tahu otak kalau kamu sudah kenyang.

Makan terlalu cepat dapat memengaruhi gangguan toleransi glukosa dan resistensi insulin. Kondisi tersebut dapat memengaruhi sistem metabolisme dan pembakaran lemak secara langsung. Selain itu, bisa membuat kamu menjadi tersedak atau dada terasa sakit karena aktivitas makan yang terlalu cepat.

Kalau masih tidak percaya, coba saja tempo makan kamu diperlambat dari biasanya, atau ikuti anjuran satu kali suap dikunyah sebanyak 25—50 kali. Lakukan selama satu minggu secara konsisten untuk melihat perbandingan hasilnya.

Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi. Pastikan asupan yang dikonsumsi sudah seimbang agar program penurunan berat badan berjalan lebih maksimal.

sejarah tempe

Sejarah Tempe yang Sudah Mendunia

tanaman catnip

Catnip, Tanaman Favorit Kucing yang Bisa Bikin Rileks