in ,

Makanan Berprotein Tinggi yang Pas untuk Pembentukan Otot

Ngobrolin.id — Sibuk dengan pekerjaan pasti bikin kamu lupa dengan kesehatan makanan. Kebanyakan dari kita hanya berpikir, asal perut kenyang dan enak itu sudah cukup, tanpa melihat nutrisi dari makanan yang dimakan, salah satunya asupan makanan berprotein.

Padahal, protein sangat penting bagi kesehatan kita, misalnya untuk mengurangi berat badan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kerapatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis, meningkatkan kualitas tidur, serta memperkuat otot dan mempercepat proses penyembuhan. Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi sumber makanan yang mengandung protein tinggi buat kesehatan kamu.

1. Daging

Konsumsi daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba baik untuk tubuh. Selain sebagai sumber protein, daging merah juga penting sebagai sumber vitamin B12 dan zat besi. Selain itu, daging ayam merupakan salah satu contoh sumber protein dari daging putih. Sama halnya dengan daging merah, ayam juga mengandung lemak dan kolesterol.

2. Telur

Telur adalah salah satu makanan favorit dan sehat untuk dikonsumsi saat sarapan. Selain menyehatkan, telur juga merupakan sumber protein ideal bagi tubuh. Mengapa? Karena kualitas protein dinilai dengan beberapa parameter, salah satunya adalah biological value (BV).

3. Susu

Susu merupakan sumber protein terbaik karena memiliki BV hampir sama dengan telur. Sebanyak 80 persen protein yang terdapat pada susu merupakan protein kasein, sedangkan 20 persen sisanya adalah protein whey. Kombinasi kedua jenis protein ini akan mengoptimalkan latihan sixpack kamu lho.

4. Brokoli

Salah satu sumber protein nabati terbaik yang banyak disarankan para ahli, yaitu brokoli. Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan protein, vitamin, dan nutrisi. Satu cup brokoli mengandung 4 gram protein. Terdapat pula vitamin C, K, serat dan potassium yang menjadikannya sebagai makanan penangkal serangan kanker.

5. Kacang kedelai

Selain kaya akan protein, kacang kedelai juga kaya akan zat iso-flavones, yaitu substansi seperti estrogen, yang membantu mencegah kanker dan osteoporosis. Beberapa studi menunjukkan bahwa kacang kedelai mampu menurunkan risiko kanker payudara.

6. Pisang

Selain baik untuk diet harian, pisang juga termasuk salah satu sumber protein terbaik, khususnya bagi mereka yang suka melakukan olahraga. Rata-rata dalam 100 gram pisang terkandung 4 gram protein.

7. Bayam

Bayam adalah sayuran kaya protein lainnya. Semangkuk bayam mengandung 5 gram protein. Tidak salah, jika bayam sering dimakan tokoh kartun, Popeye si pelaut, untuk menguatkan otot-otot lengannya saat mengalami masalah.

Jamur di Rumah

5 Tips Ampuh Basmi Jamur di Rumah Pakai Minyak Cengkih

3 Hobi Ini Bisa Jadi Peluang Usaha Buat Kamu Lho