in

Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Diare, Lho

dikonsumsi saat diare
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Terserang diare memang bikin pusing. Rasanya, makan pun jadi nggak berselera karena perut melilit. Eits, ternyata ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat diare, lho. Selain membantu meredakan gejala, makanan ini juga bisa bikin penyakit diare jadi berkurang.

Pisang

Buah lezat yang satu ini ternyata punya manfaat untuk meredakan diare, lho. Pertama, karena buah ini lembut dan mudah dicerna. Kedua, kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang selama diare.

Kandungan lain berupa pektin juga membantu menyerap cairan dan melancarkan pergerakan usus. Terakhir, kandungan inulin juga membantu perkembangan bakteri baik atau probiotik dalam usus.

Konsumsi satu buah pisang ketika kamu terkena diare, bisa bantu banget bikin gejala diare mereda.

Roti atau biskuit

Alasan utama mengapa roti atau biskuit baik untuk diare adalah karena produk olahan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, natrium atau salah satu komponen garam dalam roti dan biskuit dapat mengembalikan kestabilan elektrolit dalam tubuh. Bila terkena diare, konsumsi satu lembar roti.

Yoghurt

Bakteri baik dalam yoghurt, yaitu Lactobacillus, mampu membantu menjaga keseimbangan probiotik. Jumlah probiotik sendiri menurun seiring dengan banyaknya feses yang keluar. Padahal, keseimbangan jumlah probiotik sangat penting lho, untuk keseharian kamu. Jika kamu diare, segera konsumsi setengah gelas yoghurt untuk memulihkan keadaan ya.

Teh herbal

Beberapa jenis teh herbal yang bisa dikonsumsi antara lain teh peppermint dan teh charmomile. Teh peppermint dapat menenangkan sistem pencernaan. Selain itu, ia mampu mengurangi gas pada usus dan merenggangkan otot-otot di sepanjang saluran usus.

Sementara itu, teh charmomile bisa mengurangi peradangan pada usus. Ia juga bisa menenangkan usus yang kejang. Konsumsi teh herbal tanpa tambahan gula bisa membantu mengurangi diare, lho.

Nasi putih dan kentang tumbuk

Makanan pokok kita ini ternyata menyimpan manfaat mengurangi diare, lho. Alasannya, karena nasi putih dan kentang tumbuk sangat mudah dicerna oleh tubuh. Penyajian kedua jenis makanan ini bisa ditambah dengan ayam rebus tanpa kulit sebagai sumber protein. Selain itu, hindari penggunaan mentega dan minyak pada nasi, ya.

media sosial

Media Sosial ini Sempat Booming

wisata bawah air di Sulawesi

Destinasi Wisata Bawah Air di Sulawesi Utara Nggak Cuma Bunaken, Lho!