in

Makanan Ini Tidak Dianjurkan sebagai MPASI

tidak dianjurkan sebagai MPASI
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Memasuki usia enam bulan, kebutuhan asupan si kecil pun meningkat. Bayi tidak lagi hanya mengonsumsi ASI atau susu formula. Tambahan berupa MPASI juga harus diberikan agar tumbuh kembangnya optimal. Berikut ini makanan yang tidak dianjurkan sebagai MPASI kepada si kecil.

Makanan yang terlalu berlemak

Lemak merupakan zat gizi yang cukup kompleks. Memberikan lemak kepada si kecil tidak dianjurkan karena pencernaannya belum mampu mencerna makanan yang sangat kompleks. Cukupi asupan lemak si kecil dengan buah-buahan dan sayuran yang mengandung asam lemak sehat seperti alpukat.

Buah yang terlalu asam

Meskipun mengandung banyak nutrisi, makanan yang terlalu asam juga sebaiknya tidak diberikan untuk si kecil. Makanan asam dapat meningkatkan asam lambung dan kurang baik bagi pencernaannya.

Makanan yang terlalu pedas

Makanan pedas dapat melukai lidah dan organ pencernaan si kecil. Makanan pedas seharusnya mulai diberikan ketika indra perasanya sudah bisa menerima sensasi pedas, ya, Moms. Jangan sampai organ pencernaan si kecil terluka karena salah asupan.

Makanan yang mengandung gluten

Gluten merupakan salah satu sumber alergi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memberikan makanan yang mengandung gluten kepada anak yang masih belajar menerima MPASI. Sumber utama gluten adalah gandum, tepung terigu, dan olahan turunannya seperti roti.

Makanan yang mengandung penyebab dan penguat rasa

Makanan untuk bayi sebaiknya memiliki rasa yang nikmat. Tapi Moms tidak perlu menambahkan MSG ataupun penguat rasa lain, ya. Pencernaan si kecil masih terlalu rapuh untuk mendapat asupan selain bahan makanan dari sayur, buah, sumber karbohidrat, dan sumber protein sederhana.

Buah dan sayur yang mengandung gas

Buah mengandung gas seperti apel dan pir sebaiknya dihindari dulu untuk diberikan kepada si kecil. Selain itu, hindari pula sayuran yang mengandung gas seperti kubis dan seledri secara berlebihan.

Kacang tanah

Kacang tanah juga merupakan sumber alergen. Tidak memberikan makanan yang mengandung kacang tanah merupakan langkah awal mencegah si kecil dari alergi yang belum diketahui. Moms bisa gunakan alternatif lain untuk asupan sumber lemak dan proteinnya.

Telur atau putih telur

Telur juga merupakan sumber alergen utama dari beberapa sumber alergen yang lain. Hindari pemberian telur dan putih telur kepada si kecil, ya.

Susu sapi

Susu sapi bisa menyebabkan lactose intolerance atau intoleransi terhadap laktosa. Gangguan ini dapat mengganggu organ pencernaan. Jika si kecil belum pernah mengonsumsi susu sapi, ada baiknya pemberian susu dihindari agar tidak terjadi gangguan tersebut.

membatasi pengunaan smartphone

Yuk, Batasi Penggunaan Smartphone dengan Cara-cara Ini

media sosial

Media Sosial ini Sempat Booming