in

Makanan Khas Betawi yang Sebaiknya Kamu Coba!

Beragam camilan hingga makanan berat bisa kamu santap sambil nostalgia suasana Betawi tempo dulu.

makanan khas Betawi
Foto: instagram foodyid

Ngobrolin.id — Panganan-panganan asli ibu kota ini sudah lama populer, lho. Mulai dari makanan berat sampai camilan ringan, suku Betawi punya jawabannya. Nggak sabar kan pengen nyobain makanan khas Betawi yang menggoyang lidah? Yuk, intip ada apa aja.

Nasi ulam

Paduan nasi pera dengan semur ini merupakan makanan khas betawi yang mendapat pengaruh dari budaya Cina. Semur yang digunakan pun beragam bisa semur tahu, kentang, atau telur.

Ciri khas nasi ulam adalah ditambahkan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar iris, dan perkedel kentang lengkap dengan kemangi, sambal, bawang goreng, dan kacang tanah tumbuk.

Kerak telor

Makanan yang satu ini sering nongol di berbagai acara kebudayaan Betawi. Ya, kerak telor. Seperti namanya, kerak telor dibuat dengan mengerakkan adonan campuran nasi, telur, dan bumbu lainnya yang dibakar di wajan secara terbalik. Setelah matang, kerak telor diberi taburan serundeng dan bawang goreng.

Laksa betawi

Menu mi yang satu ini berisi bihun, telur, perkedel, daun kemangi, dan daun kucai yang disiram dengan kuah khas berwarna kuning. Rasanya gurih dan manis. Biasanya, kamu akan menjumpai penjual laksa betawi adalah orang Tionghoa. Hal ini karena laksa betawi banyak mendapat pengaruh dari budaya Cina.

Soto betawi

Kalau masih belum kenyang, kamu bisa coba makanan yang satu ini. Soto memang jadi salah satu makanan nusantara yang punya ciri khas tiap daerahnya, termasuk oleh suku Betawi. Soto betawi menggunakan aneka jeroan sapi. Satu porsinya disajikan dengan daging sapi, tomat, dan kentang. Rasanya yang gurih cocok disantap dengan nasi hangat.

Kue rangi

Camilan yang satu ini terbuat dari tepung beras atau tepung kanji yang dicampur dengan kelapa parut. Cara membuatnya dengan dipanggang di atas api dengan cetakan. Kue rangi kemudian diberi saus gula merah cair. Rasanya? Sudah pasti juara!

Es selendang mayang

Sudah kenyang, kini saatnya berburu minuman. Es selendang mayang sudah banyak dikenal sebagai kuliner khas Betawi. Minuman ini terbuat dari adonan dari tepung hunkwe dan tepung beras. Kuahnya menggunakan campuran santan dan gula merah. Duh, nagih banget!

diskon ojek online dihapuskan

Diskon Ojek Online Segera Dihapuskan

hobi yang berpeluang

Hobi Ini Ternyata Berpeluang Diuangkan