in ,

Makanan Khas Padang yang Wajib Kamu Coba!

jangan sampai lupa unutk dicoba, ya!

makanan khas padang
foto: CC BY-SA 2.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=867102

Ngobrolin.id — Setiap turis mancanegara ke Indonesia, salah satu menu makanan yang wajib dicoba adalah rendang, makanan khas Padang yang sangat kaya cita rasa. Selain rendang, masih ada banyak makanan khas Padang yang sebenarnya wajib dicoba karena rasanya yang lezat.

Ada beberapa makanan khas Padang yang masuk dalam daftar Most Delicious Foods versi CNN Internasional, sebuah ajang penghargaan yang diadakan oleh media internasional. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Padang yang wajib kamu coba!

Teh talua

Beberapa warung makan padang biasanya menyediakan menu teh talua. Teh talua berarti teh telur, minuman teh hitam yang dicampur dengan telur, gula, dan sedikit perasan jeruk nipis. Teh ini menjadi salah satu minuman kebanggaan orang Minang.

Telur yang digunakan hanya bagian kuningnya yang dikocok hingga berbusa dengan menggunakan bambu atau sapu lidi mini. Setelah telur berbusa, teh hitam yang sudah diseduh dimasukkan bersamaan dengan gula atau kental manis dan jeruk nipis.

Martabak kubang

Jika dilihat sekilas, tidak ada yang berbeda antara martabak telur dan martabak kubang. Kamu baru akan merasakan perbedaannya ketika menggigit martabak ini. Daging di dalam martabak kubang sangat banyak dan dipadukan dengan rempah dan adonan telur yang gurih. Setelah makan ini, dijamin kamu bisa kalap karena nafsu makan jadi naik.

Dendeng

Makanan khas Padang lainnya yang wajib dicoba adalah dendeng balado dan dendeng batokok. Tokok dalam bahasa Minang berarti memukul sehingga dendeng batokok merupakan daging sapi yang sudah diiris tipis dan direbus dengan bumbu, lalu dipukul-pukul hingga pipih. Cara pengolahan tersebut diyakini dapat membuat bumbu meresap lebih dalam.

Perbedaan yang mencolok antara dendeng balado dan dendeng batokok terletak pada proses pengolahannya. Daging dendeng balado tidak perlu dipukul hingga pipih. Kalau ke warung makan padang jangan lupa cicipi dendeng, ya!

Gulai paku

Gulai paku disantap bersama dengan lontong atau ketupat. Rasanya sangat gurih, sedikit pedas, dan terasa kaya akan rempah-rempah. Menu gulai paku semakin lengkap jika ditambah dengan telur rebus.

Keripik sanjai

Keripik sanjai merupakan camilan khas Padang yang wajib kamu coba. Camilan ini sudah sangat terkenal karena sering dijadikan oleh-oleh khas Padang.

tanaman pembawa sial

Tanaman yang Dipercayai Pembawa Sial

mitos di Indonesia

Mitos-mitos Populer di Indonesia