in

Makanan Manis Buka Puasa yang Bergizi untuk Tubuh Kamu

tak hanya manis, makanan ini juga bergizi

makanan manis buka puasa
foto: http://humas.bandung.go.id/

Ngobrolin.id — Saat berbuka puasa sebaiknya konsumsi makanan yang bernutrisi untuk melengkapi nutrisi tubuh yang hilang. Oleh karena itu, selain rasa, kamu juga harus mempertimbangkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Jangan sampai setelah berpuasa justru timbangan badan semakin naik karena makanan yang kamu makan hanya mengandung karbo atau gula. Ada banyak menu buka puasa yang bergizi serta lezat. Berikut ini beberapa menu makanan manis buka puasa yang sehat dan lezat versi Tim Ngobrolin.

Es buah

Minuman segar yang dibuat dari berbagai macam campuran buah ini sering dijadikan andalan untuk melepaskan dahaga setelah seharian berpuasa. Biasanya es buah terbuat dari dua atau lebih jenis campuran buah dan ditambahkan jelly sebagai variasi. Kuah es buah biasanya terbuat dari air gula, sirup, atau susu kental manis. Buah-buahan yang digunakan dalam es buah sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk menu berbuka puasa. Selain itu, mengonsumsi kurma saat berbuka memang dianjurkan oleh Rasulullah saw. Tak heran, buah berbentuk lonjong berwarna cokelat dengan rasanya yang manis sering dijumpai dalam paket takjil.

Anjuran konsumsi kurma saat berbuka bukan tanpa maksud. Ternyata, buah ini bisa memenuhi kebutuhan energi yang hilang secara cepat. Buah kurma juga kaya akan vitamin. Selain itu, kandungan gula pada kurma lebih mudah diserap oleh tubuh dibanding kandungan pati nasi.

Kolak

Kolak merupakan makanan manis buka puasa yang sering dikonsumsi. Saat ini berbagai macam varian kolak yang bisa kamu jumpai, mulai dari singkong hingga durian. Kolak biasanya terbuat dari umbi-umbian yang mengandung vitamin, seperti ubi mengandung vitamin dan singkong merupakan sumber mineral dan vitamin C.

Kolak sangat identik dengan kuah santan yang dicampur gula jawa (merah). Santan dapat berperan menjaga kesehatan tubuh. Sebenarnya, santan tidak mengandung kolesterol, tetapi kandungan lemak jenuhnya sangat tinggi.

Manisan kolang kaling

Kolang kaling atau lebih dikenal buah atep sering dijadikan campuran es buah. Namun, buah ini sering diolah sendiri dan dijadikan manisan yang dicampur dengan gula dan sirup cocopandan. Manisan buah atep akan lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin. Selain nikmat, buah ini ternyata memiliki banyak manfaat, yaitu dapat mencegah penuaan dini, memperlancar sistem pencernaan, mencegah pengeroposan tulang, dan membantu menghidrasi tubuh.

 

 

ide bisnis online

Ide Bisnis Online Kecil-kecilan Selama Masa Pandemi Covid-19

masa karantina

Keahlian yang Bisa Kamu Dapat Selama Masa Karantina