in ,

Mana yang Terbanyak, Kafein dalam Kopi atau Teh?

kopi dan teh
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Apakah kamu suka mengonsumsi kopi dan teh? Keduanya bisa dibuat menjadi beragam sajian makanan dan minuman yang nikmat. Kopi dan teh pun mengandung kafein, zat aditif yang bisa menyebabkan yang lebih waspada dan berenergi.

Kafein dikenal bisa memberikan efek bikin melek mata. Itu sebabnya, banyak orang mengonsumsi kafein sebagai teman begadang. Penggemar kafein sendiri tak semuanya menyukai kopi. Konon, kandungan kafein pada kopi yang sangat tinggi bisa membuat jantung berdebar terlalu keras. Benarkah demikian?

Nyatanya, minuman kopi memang memiliki kadar kafein tertinggi jika dibandingkan dengan minuman teh. Tak heran bila kopi laris manis dijual dengan klaim bisa membuat mata terjaga dalam waktu lama.

Secangkir kopi ukuran 237 mililiter bisa mengandung 95—200 miligram kafein. Kandungan ini ditemukan pada kopi murni dan tentu saja bisa beragam tergantung jenis kopi yang digunakan. Sementara, untuk kopi instan yang banyak dikonsumsi, kandungan kafeinnya hanya berkisar 27—173 miligram.

Jika kamu sering mengonsumsi kopi bebas kafein, jangan terlalu berharap bahwa minuman tersebut benar-benar bebas kafein. Nyatanya, dalam satu cangkir kopi bebas kafein masih ditemukan kafein dengan kadar 2—12 miligram. Jumlah yang memang sangat kecil, namun jika kamu alergi dengan zat ini tetap akan dirasakan oleh tubuh.

Selain jenis kopi, cara mengolah kopi juga berpengaruh pada banyaknya kadar kafein yang terdapat dalam olahan kopi. Biji kopi diproses dalam banyak tahap mulai dari pemanenan, pemanggangan, penyimpanan, hingga penyeduhan.

Berbeda dengan kopi, teh punya kadar kafein yang relatif lebih rendah. Satu cangkir teh hijau memiliki kandungan kafein 24—45 miligram dalam satu cangkirnya. Sementara, untuk teh hitam yang dikonsumsi mayoritas masyarakat Indonesia, kandungannya bisa mencapai 14—70 miligram per cangkir sajian.

Selain teh yang diseduh langsung, teh kemasan juga mengandung kafein. Teh dalam kemasan mengandung 5—40 miligram per 237 mililiter. Jumlah ini lebih sedikit dibanding teh yang diseduh. Namun, konsumsi teh kemasan sering kali diminum dalam jumlah yang lebih banyak daripada secangkir teh. Di pasaran, teh kemasan umumnya dikemas dalam botol dengan ukuran 350—600 mililiter per botolnya.

Need to Calm Down

Diluncurkan: Musik Video Terbaru Taylor Swift

hewan peliharaan

Beragam Hewan Peliharaan yang Bisa Kamu Miliki