in

Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Disadari

bisa dijadiin ladang bisnis loh!

ampas kopi
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sudah banyak kedai kopi bertebaran di sudut-sudut kota. Hal ini lantaran mengonsumsi kopi sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat Indonesia karena kopi yang bisa menghangatkan pembicaraan serta berkhasiat untuk menenangkan syaraf. Tapi pernahkah kamu berpikir ke mana seluruh ampas kopi yang dihasilkan kedai kopi tersebut, dibuang atau dimanfaatkan kembali.

Manfaat ampas kopi tak kalah fenomenal. Bahkan, bisa menjadi peluang bisnis baru bagi kamu. Pasalnya, sisa kopi yang sudah tidak digunakan oleh para kedai kopi ini sebenarnya bisa bermanfaat bagi tubuh kamu dan beberapa hal lainnya. Berikut ini ulasan manfaat ampas kopi yang jarang disadari.

Sebagai bodycare untuk merawat kesehatan kulit

ampas kopi
foto: pixabay

Kopi bisa mengatasi sel kulit mati karena senyawa asam caffeic dan anti-oksidan mampu meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini yang bisa dialami oleh tubuh. Kopi juga mengandung fenol yang bisa mengurangi bercak bintik yang disebabkan sinar UV pada bagian wajah sehingga kopi bisa melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Ampas kopi bisa diekstrak menjadi krim mata yang mengandung asam klorogenik. Senyawa tersebut mampu megurangi pembengkakan yang terjadi di sekitar area kantung mata. Kopi juga berkhasiat untuk menghilangkan sel kulit mati dari telapak kaki dan memperlancar aliran darah jika kaki direndam ke dalam rendaman ampas kopi yang dicampur air hangat.

Penggunaan masker kopi pada wajah juga mampu mencegah timbulnya jerawat karena sel kulit mati, minyak, dan zat lain yang berada di permukaan kulit wajah sudah terhempas. Tak hanya untuk wajah, ampas bisa digunakan sebagai body scrub untuk merawat kesehatan kulit badan.

Haircare yang bermanfaat untuk kulit kepala dan merawat rambut

ampas kopi
foto: pixabay

Kandungan pH yang tinggi pada kulit kepala dapat menyebabkan rambut mudah kusam, keriting, dan kering. Produk sampingan dari kopi ini aman digunakan untuk mengatasi masalah rambut.

Pengharum kulkas

ampas kopi
foto: pexels

Terkadang isi kulkas yang terlalu random membuat aromanya menjadi kurang sedap. Kamu bisa menggunakan ampas kopi untuk meredam bau tidak sedap itu dengan cara meletakkan ampas dalam mangkuk dan dimasukkan ke kulkas. Diamkan selama 2 jam, maka aroma kulkas kamu akan terasa lebih baik.

 

bayar spp pakai gopay

Berawal dari Meme Jadi Realita, Bayar SPP Pakai GoPay!

kelebihan telegram

Kelebihan Telegram Dibandingkan WhatsApp