in

Manfaat Berenang yang Harus Kamu Tahu

Menghibur diri dengan olahraga berenang

manfaat berenang
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu suka berenang? Olahraga air ini bisa dilakukan dengan berbagai gaya sehingga tidak bosan. Ternyata, olahraga ini juga punya banyak manfaat, lho. Yuk, intip manfaat berenang yang baik bagi tubuh.

Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga berenang bisa melancarkan sirkulasi darah di jantung. Gerakan pada saat berenang juga memacu jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Olahraga berenang juga merupakan olahraga yang baik sebagai latihan cardio.

Selain itu, berenang juga bisa menurunkan kadar kolesterol buruk atau LDL dalam darah. Dengan berenang, endothelium atau lapisan sel tipis yang melapisi arteri juga berfungsi dengan lebih baik.

Menurunkan risiko diabetes

Berenang bisa jadi salah satu solusi untuk menurunkan risiko diabetes. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar gula darah di dalam aliran darah. Dengan berenang, kadar gula darah akan menurun karena terpakai sebagai energi untuk berenang. Berenang juga menjadi olahraga yang dianjurkan oleh para penderita diabetes.

Meredakan stres

Mudah tertekan karena masalah pekerjaan? Cobalah berenang. Kegiatan ini bisa meredakan stres yang sedang kamu rasakan, lho. Menikmati segarnya air kolam sambil menikmati suasana asri sejenak bisa kamu lakukan.

Berenang bisa meningkatkan hormon endorfin. Hormon ini sangat memengaruhi suasana hati. Semakin banyak hormon endorfin, pikiran akan merasa semakin bahagia. Oleh karena itu, tidak ada salahnya ketika sedang banyak masalah melanda, kamu berenang. Eits, tapi jangan lupa rampungkan masalahmu juga, ya.

Meningkatkan kualitas tidur

Sulit tidur atau mengalami gangguan tidur? Mungkin kamu bisa mencoba merutinkan diri untuk berenang. Pada anak-anak, berenang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Sebab, olahraga ini selain menyenangkan juga cukup untuk membuat tubuh lelah dan mudah mengantuk.

Mengurangi risiko arthritis

Penyakit ini menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan. Berenang bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit arthritis, lho. Saat berenang, tubuh akan bergerak namun tidak memberikan beban yang berlebihan kepada sendi-sendi. Bahkan, para penderita arthritis pun disarankan untuk rutin berenang agar rasa sakit pada persendian bisa berkurang.

 

cara resign

Jangan Kabur! Ini Cara Resign yang Baik

raket badminton

Tips Memilih Raket Badminton, Pilih yang Seperti Ini