in

Manfaat Berenang yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Sudahkah berenang minggu ini?

manfaat berenang
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Olahraga yang satu ini menyenangkan banget dilakukan di akhir pekan. Berlibur sambil berenang bisa mengembalikan pikiran yang mulai penat, lho. Selain mengisi waktu akhir pekan, berenang juga ternyata punya banyak sisi positif. Berikut ini manfaat berenang yang sebaiknya kamu tahu agar lebih semangat lagi.

Memperkuat otot

Ketika berenang, seluruh bagian tubuhmu akan bergerak. Hal ini akan membuat otot-ototmu berkembang dan menjadi lebih kuat. Dengan begitu, daya tahan dan kekuatan tubuh pun akan meningkat. Berenang juga dapat meningkatkan massa otot trisep hingga 25 persen, lho. Lakukan selama 8 minggu dan rasakan hasilnya.

Menyehatkan jantung dan mengontrol kolesterol

Ketika berenang, detak jantung pun akan berdetak dengan aktif. Berenang terbukti membantu menurunkan tekanan darah dan juga dapat mengontrol gula darah. Jadi, secara tidak langsung berenang dapat menyehatkan jantung.

Selain itu, berenang juga dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah. Kolesterol LDL ini merupakan kolesterol jahat yang mampu menyebabkan gangguan jantung. Dengan berenang, kadar HDL dan LDL menjadi stabil sehingga baik bagi kesehatan jantung.

Baik bagi penderita asma

Selain bagi penderita penyakit jantung, berenang juga baik dilakukan bagi penderita asma. Kelembapan air dapat menggantikan kelembapan yang dikeluarkan selama pernapasan yang kuat. Penderita asma wajib mencoba metode berenang untuk mengurangi gejala yang diderita.

Menurunkan berat badan

Ingin menurunkan berat badan dengan menyenangkan? Berenang adalah solusinya. Satu jam berenang dapat membakar hingga 715 kalori. Jadi, kamu bisa melakukan diet menyenangkan hanya dengan berenang.

Meningkatkan energi

Masih berhubungan langsung dengan meningkatkan massa otot, berenang dapat juga meningkatkan energi tubuh, lho. Hal ini karena meningkatnya massa otot, energi yang dihasilkan saat berenang juga lebih besar.

Meredakan stres

Tak hanya fisik, dampak positif dari berenang juga dapat dirasakan oleh pikiran. Berenang dapat meredakan stres yang sedang kamu alami, lho. Jika kamu berenang selama 30 menit, kamu akan merasa rileks dan terbebas dari stres.

anak berbohong

Stop Anak Berbohong! Lakukan Hal Ini Moms

pengendara motor

Bikers, Jangan Sepelekan Ini! Fatal Akibatnya!