in ,

Manfaat Berkebun untuk Anak-anak

ada banyak manfaat yang bisa didapatkan

manfaat berkebun
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Bunda, siapa yang masih bingung akan melakukan aktivitas di rumah, apalagi selama sekolah masih diliburkan karena pandemi? Coba ajak anak-anak untuk berkebun. Bunda bisa memulainya dari tanaman yang disenangi si kecil, seperti bunga atau pohon buah yang mudah ditanam. Ada banyak manfaat berkebun yang bisa dirasakan oleh anak-anak, lho!

Tentunya, hal positif tersebut bisa menjadi kebiasaan baik yang diajarkan sejak kecil. Berikut ini manfaat berkebun yang bisa dirasakan oleh si kecil.

Menyayangi lingkungan

Melalui kegiatan berkebun, anak akan banyak belajar mengenai keseimbangan lingkungan, bagaimana kondisi lingkungan yang baik agar bisa digunakan untuk menumbuhkan pepohonan. Selain itu, mengajari si kecil betapa pentingnya peran pohon di kehidupan manusia.

Ketika anak sudah mengerti bagaimana cara yang baik untuk menjaga lingkungan, kelak ia akan tumbuh menjadi pribadi yang peduli terhadap lingkungan.

Tanggung jawab

Saat menumbuhkan pohon, anak diajarkan untuk bertanggung jawab atas apa yang sudah dimulainya, yaitu menanam bibit pohon. Ia harus memberikan air serta pupuk secara berkala agar pohon tersebut tumbuh subur.

Hal tersebut bisa menjadi modal dasar bagi anak untuk memahami setiap tindakan yang kelak akan diambil sudah menjadi tanggung jawab baginya untuk merawat dan menyelesaikannya.

Kreativitas imajinasi

Berkebun menjadi kegiatan yang merangsang imajinasi anak-anak sehingga melatih mereka untuk berpikir kreatif. Anak-anak sudah bisa mulai dilibatkan untuk memilih benih tanaman apa yang diinginkan oleh mereka.

Selanjutnya, ajarkan kepada si kecil bagaimana cara menanam dan merawat tanaman. Taman atau pekarangan merupakan tempat yang baik untuk mengeksplorasi kreativitas anak.

Menjaga kesehatan anak

Dengan asyik berkebun, fisik anak akan aktif bergerak. Ada banyak kegiatan fisik yang akan dilakukan selama berkebun, seperti mencabuti gulma yang tumbuh di area tanam, menyirami tanaman, mencangkul tanah, dan kegiatan lainnya. Seluruh kegiatan tersebut akan melatih fisik anak-anak.

Selain itu, kegiatan berkebun pasti dilakukan pagi hari. Hal tersebut sangat berguna untuk membiasakan anak bangun pagi dan terkena matahari pagi.

Dengan banyaknya kegiatan fisik tersebut, akan mengurangi waktu bermain gawai sehingga anak-anak bisa menjadi lebih aktif bergerak.

 

game berbahaya di android

Deretan Game Berbahaya di Android, Sebaiknya Segera Dihapus!

larangan kantong plastik

Jakarta Terapkan Larangan Kantong Plastik, Jangan Lupa Bawa Kantong Belanja!