in , ,

Manfaat Bermain Catur yang Masih Jarang Disadari Banyak Orang

manfaat bermain catur
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sejak Dewa Kipas bertanding dengan WGM Irene Sukandar, atlet catur profesional, permainan catur mulai dikenal lagi oleh masyarakat. Sebenarnya, catur bukan permainan baru, bahkan permainan ini sudah ada sejak zaman dahulu. Bidang olahraga ini mulai dilirik orang-orang dan ternyata masih banyak yang tidak tahu bahwa catur memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat bermain catur yang masih jarang diketahui.

Meningkatkan daya konsentrasi

Catur yang selama ini lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai papan permainan bapak-bapak di pos ronda, sebenarnya merupakan permainan berkelas yang mampu meningkatkan daya konsentrasi. Kamu perlu memikirkan setiap langkah yang diambil serta menciptakan strategi yang matang.

Dari bermain catur, kamu diajarkan untuk memikirkan setiap jalan keluar yang diambil dan menyelesaikan pekerjaan yang sudah diambil.

Mengasah logika

Selama bermain, kamu dituntut untuk berpikir secara logis dengan langkah-langkah yang diambil untuk mengalahkan lawan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan langkah-langkah yang tepat untuk memenangkan pertandingan.

Mengasah kreativitas

Gak cuma logika saja yang bakal terlatih, sisi kreativitas kamu juga bakalan terlatih karena kamu perlu berpikir memecahkan masalah dan memahami situasi yang sedang terjadi.

Mengasah ingatan

Kondisi ingatan seseorang bisa menurun seiring bertambahnya umur. Seseorang yang terbiasa bermain catur dapat mengurangi ancaman permasalahan tersebut. Sebab, selama bermain kamu akan dilatih untuk mengingat dengan baik strategi dan langkah-langkah yang sudah diambil.

Beberapa penelitian menunjukkan bermain catur sangat bermanfaat bagi para lansia untuk mencegah pikun dan demensia. Kamu perlu melakukan beberapa kebiasaan untuk mencegah pikun. Kebiasaan tersebut adalah membaca, bermain musik, melakukan hobi, dan tentunya bermain catur.

Mencegah serangan panik

Berdasarkan hasil beberapa penelitian, bermain catur bermanfaat untuk meningkatkan rasa tenang dan mencegah serangan panik (panic attack). Seseorang yang terkena serangan panik dapat menyibukkan dirinya dan mengalihkan perhatian dengan bermain catur. Namun, efektivitas bermain catur untuk mencegah serangan panik sangat bergantung pada tingkat tantangan dan perasaan dari pemain.

Melatih kedua sisi otak

Melatih kedua sisi otak ternyata cukup baik untuk meningkatan kecerdasan. Beberapa penelitian menunjukkan, saat seseorang bermain catur, kedua sisi otak mereka akan bekerja secara aktif.

 

 

 

 

Blitzen

Blitzen, Girlgroup Indonesia Kemungkinan Bakalan Debut pada Mei atau Juni 2021

pengguna clubhouse

Pengguna Clubhouse Bakalan Mendapatkan Uang dari Aplikasinya