in ,

Manfaat Kacamata Antiradiasi, Penting Gak Sih?

sabar bund, jangan langsung buru-buru beli

kacamata antiradiasi
foto: pexels

Ngobrolin.id — Selama pandemi, hampir semua kegiatan dilakukan via daring, mulai dari kerja hingga belajar. Kondisi tersebut menyebabkan sebagian besar orangtua merasa khawatir, takut mata anaknya rusak akibat terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop. Akibatnya, banyak orangtua yang membeli kacamata antiradiasi. Katanya manfaat kacamata antiradiasi adalah mencegah kerusakan mata akibat menatap layar terlalu lama.

Kacamata antiradiasi dibuat secara khusus untuk mengurangi intensitas sinar ultraviolet yang masuk ke mata. Pada kacamata tersebut dilengkapi dengan lapisan khusus yang mampu menangkal radiasi, bahkan ada lapisan kacamata yang berlabel 400 nm, lapisan ini bisa menangkal radiasi hingga sebesar 99—100 persen.

Kacamata ini juga disarankan untuk digunakan di luar ruangan untuk menghindari sinar matahari secara berlebihan.

Eits, tapi jangan langsung terburu-buru untuk langsung membeli kacamata antiradiasi sampai kamu mendengar penjelasan dr. Ferdiriva Hamzah, Sp.M di podcast KinosGina.

Podcast milik pasangan selebriti suami-istri Nycta Gina dan Rizky Kinos ini sering membahas topik tentang keseharian yang sering terjadi di kehidupan rumah tangga dan sekitarnya.

Pada episode tersebut, Gina dan Kinos mengundang dr. Riva sebagai narasumber untuk membahas manfaat kacamata antiradiasi yang banyak diburu oleh ibu-ibu. Di podcast tersebut disebutkan bahwa kacamata ini ternyata tidak harus kamu beli. Tanpa kacamata antiradiasi, kamu juga tetap bisa menjaga kesehatan mata.

Perihal yang membuat mata rusak bukan karena menatap layar ponsel atau laptop, melainkan karena mata kamu tidak diistirahatkan setelah terlalu lama menatap layar. Untuk menghindari kerusakan mata, sebaiknya kamu berikan jeda beberapa menit untuk melihat ke arah yang lebih jauh, kira-kira sekitar enam meter.

Setiap 20 menit menatap laptop atau gawai, kamu harus mengistirahatkan mata selama 20 detik melihat ke objek yang berada sekitar enam kaki atau sekitar enam meter. Jika cara ini cukup sulit dilakukan, apalagi ketika sedang terlalu fokus, kamu bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit setelah melihat layar selama dua jam.

games untuk acara keluarga

Games untuk Acara Keluarga, Dijamin Gak Bakal Garing!

Perempuan Tanah Jahanam

Makna Kasih Orangtua Terhadap Anak di Film Perempuan Tanah Jahanam