in ,

Manfaat Main Gim Pokemon Semasa Kecil

main gim Pokemon
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Video gim menjadi sesuatu yang dikhawatirkan para orang tua. Mereka menganggap video gim akan mendatangkan efek negatif pada anaknya. Namun, peneliti dari Stanford University di California telah menemukan paparan yang luas terhadap video gim, seperti Pokemon. Selama masa kanak-kanak, main gim Pokemon justru mengaktifkan daerah-daerah tertentu di otak.

Pokemon adalah waralaba yang berasal dari 1995. Permainan ini melibatkan makhluk fiksi yang disebut “Pokemon” dan pemain harus menangkap serta melatih makhluk-makhluk ini untuk saling bertarung. Pertempuran adalah tema utama gim Pokemon. Pemain harus mencapai tujuan tertentu dalam gim tersebut.

Di era 90-an, anak-anak sejak berumur lima tahun sudah bermain Pokemon. Banyak dari mereka terus memainkan versi terbaru dari permainan tersebut. Hal menarik dari Pokemon membuat anak-anak terus berkenalan dengan satu atau lebih karakter dan pemain mendapatkan hadiah ketika memenangkan pertempuran. Mereka pun bisa menambahkan karakter baru ke ensiklopedia dalam gim.

Para psikolog di Universitas Stanford menemukan rangsangan visual yang berulang selama masa kanak-kanak, dikombinasikan dengan jumlah jam yang dihabiskan di depan layar, mengaktifkan daerah-daerah tertentu di otak. Hasil dari studi itu dapat membantu menjelaskan beberapa dari banyak pertanyaan yang tersisa tentang sistem visual manusia.

“Sudah menjadi pertanyaan terbuka di lapangan mengapa kita memiliki daerah otak yang merespons kata-kata dan wajah tetapi tidak untuk, katakanlah, mobil. Ini juga menjadi misteri mengapa temuan itu muncul di tempat yang sama di otak semua orang,” kata penulis studi dan mantan mahasiswa pascasarjana Universitas Stanford Jesse Gomez, dikutip dari Medical News Today, Senin(13/5).

Berdasarkan penelitian sebelumnya serta pengalamannya sendiri dengan video gim, Gomez berteori kalau paparan pada usia muda memainkan peran penting dalam pengembangan wilayah otak. Otak orang dewasa yang bermain Pokemon dari anak-anak merespons lebih kuat terhadap karakter dalam Pokemon daripada jenis rangsangan lainnya.

“Apa yang unik tentang Pokemon adalah ada ratusan karakter, dan Anda harus tahu segalanya tentang mereka agar dapat memainkan permainan dengan sukses. Permainan ini memberi Anda imbalan untuk individuasi ratusan karakter kecil yang mirip ini,” jelas Gomez.

bahan kimia tabir surya

Bahan Kimia Tabir Surya Ternyata Bisa Masuk ke Aliran Darah

kebiasaan sehat

Lima Kebiasaan Sehat yang Harus Dilakukan Wanita Usia 30-an