in

Manfaat Menulis Tangan yang Tidak Kamu Duga

manfaat menulis tangan
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kini menulis tangan merupakan hal yang sangat jarang dilakukan. Berbagai teknologi yang mengharuskan menulis dengan menggunakan papan ketik mengakibatkan menulis tangan tidak lagi sering dilakukan. Padahal, manfaat menulis tangan banyak banget, lho.

Dua peneliti bidang psikologi Pam Mueller dari Princeton University dan Daniel Oppenheime dari University of California mengungkapkan bahwa terbiasa menulis tangan dapat meningkatkan daya ingat.

Penelitian kepada sekelompok mahasiswa yang mengetik di laptop dan menulis tangan menunjukkan bahwa ingatan yang lebih tajam dimiliki oleh mahasiswa yang lebih banyak menulis tangan.

Mereka juga mengungkapkan bahwa menulis tangan akan memungkinkan otak menerima umpan balik dari gerakan motorik seseorang yang tidak akan didapat jika mengetik di laptop. Menulis akan meninggalkan memori di bagian sensor motorik otak.

Menulis tangan juga bisa menjadi terapi bagi gangguan defisit perhatian. Menuliskan ‘Aku akan lebih damai’ sebanyak dua puluh kali setiap harinya akan memberikan dampak positif bagi otak manusia.

Manfaat menulis untuk meredakan stres ini ada hubungannya, yaitu ketika menulis, seseorang cenderung berpikir kritis tentang masalah yang dihadapi. Dengan begitu, secara tidak langsung, menulis dapat membantu seseorang memecahkan masalahnya.

Jika kamu mengalami gangguan tidur, menulis hal-hal yang akan dilakukan besok bisa bikin kamu lebih cepat tertidur. Mengapa demikian? Salah satu penyebab seseorang mengalami kesulitan tidur adalah kecemasan. Menuliskan apa yang akan dilakukan setidaknya bisa sedikit mengurangi kecemasan tersebut.

Menulis indah atau menggunakan font klasik akan meningkatkan keseimbangan otak. Font klasik yang rumit dan dilakukan seperti melukis akan membantu merangsang kreativitas dibandingkan menulis dengan cara mengetik.

Bagi anak-anak, menulis tangan juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan kognitif. Ketika menulis, bagian tubuh yang bergerak tak hanya tangan tapi hingga ke bagian lengan. Hal ini membuat area otak yang terstimulasi lebih banyak.

Jadi, kalau kamu punya hobi menulis atau bahkan hand lettering, tidak ada salahnya mengasah kemampuanmu itu. Selain bisa melepaskan stres, kamu juga bisa mengasah daya ingat. Bahkan, kamu bisa mengembangkannya jadi bisnis, lho.

Danilla Riyadi

Danilla Riyadi, Si Cantik yang Nyentrik

asal mula maraton

Asal Mula Maraton, Ikutan Lari Yuk!