in ,

Manfaat Sehat Berendam dan Minum Air Hangat

berendam dan minum air hangat
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Sebagian besar dari kita, termasuk kamu mungkin tidak suka minum air hangat karena dianggap tidak menyegarkan. Sebagian juga berpendapat, minum air hangat membuat kulit menjadi kering. Padahal, kalau kamu tahu manfaatnya, kamu pasti tak akan ragu lagi untuk melakukan kegiatan berendam dan minum air hangat.

Foto: Pixabay

Menurut para ahli, berendam atau mandi air hangat akan membantu meredakan nyeri di bagian tubuh manapun. Berendam dalam air panas menyegarkan sistem peredaran darah yang akan memengaruhi aspek-aspek lain dari tubuh. Saat berendam dalam air hangat, tubuh mencoba untuk kembali ke suhu normal dengan cara memompa jantung lebih cepat. Namun, ini adalah peningkatan sementara tekanan darah.

Semakin lama tubuh direndam dalam air hangat, darah menjadi hangat untuk kemudian beredar ke dalam otot dan memperluas pembuluh darah. Hal ini pada gilirannya membantu relaksasi otot. Berendam dalam air panas juga bermanfaat untuk orang-orang yang menderita insomnia. Berendam kurang lebih 2 jam sebelum tidur akan membantu relaksasi tubuh dan dengan demikian mendorong tidur malam yang baik.

Sementara itu, manfaat paling penting minum air panas adalah meningkatkan sirkulasi darah. Banyak dokter menyarankan minum air hangat yang dicampur madu dan lemon di pagi hari. Lemon dan madu mampu meningkatkan rasa sekaligus membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Minum air hangat di pagi hari diyakini membantu memulihkan kelembapan yang hilang dari tubuh saat tidur. Minum air hangat juga menenangkan bagian dalam tubuh dan membantu menjaga badan tetap hangat. Air hangat memiliki kemampuan membersihkan sistem tubuh dengan menyingkirkan racun yang tidak diinginkan. Racun yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan memicu stres, nyeri, dan sakit kepala.

Jika Anda tidak dapat minum air hangat setelah bangun pagi, biasakan untuk meminumnya sebelum sarapan. Air hangat memastikan sistem pencernaan bekerja lancar dan kulit menjadi halus serta bersinar. Minum air hangat juga membantu memerangi gangguan kulit seperti eksim, psoriasis, kulit kering, dan keriput.

Orang-orang yang ingin menurunkan berat badan harus meningkatkan asupan air, terutama air hangat. Air hangat membantu menurunkan jumlah sel-sel lemak dalam tubuh.

liburan

3 Tempat Wajib yang Harus Kamu Temukan Saat Pergi Liburan

jenis sandal

Jenis Sandal yang Bisa Dipakai Pria, Kamu Nyaman Pakai yang Mana?