in

Masa Pandemi Membuat Kolam Renang Beralih Fungsi Jadi Kolam Lele

wah sekarang justru diisi oleh lele

kolam renang
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Selama pandemi, usaha kolam renang menjadi salah satu usaha yang paling terdampak. Masyarakat menghentikan kunjungan ke kolam renang hingga suasana sudah kembali normal. Hal tersebut menyebabkan banyak kolam tutup, bahkan ada kolam renang beralih fungsi jadi kolam ikan lele!

Beberapa waktu lalu viral kolam renang yang berlokasi di Gunung Putri, Bogor, berubah menjadi kolam lele. Kolam yang biasa digunakan oleh manusia kini beralih fungsi untuk memelihara lele.

Hal tersebut karena pihak pengelola sudah tidak bisa mendapatkan pemasukan sejak awal pandemi. Kolam tersebut merupakan lokasi wisata yang bernama Funpark Villa Nusa Indah. Sebagian besar karyawannya merupakan warga di sekitar kolam tersebut. Karena kolam sudah berhenti operasi, para karyawan harus mencari cara lain untuk mendapatkan pendapatan.

Selain itu, banyak juga pedagang kecil yang biasanya mendapatkan pemasukan dari wisatawan yang berkunjung ke kolam tersebut. Setelah pandemi, mereka kehilangan sebagian besar sumber pemasukan.

Selam pandemi, ada 20 orang karyawan yang terpaksa harus dirumahkan. Usai itu, ada 5 orang karyawan yang memberikan saran untuk memasukkan ikan lele ke kolam renang untuk membasmi jentik-jentik nyamuk. Hal ini karena kolam yang dibiarkan terlalu lama justru menyebabkan banyak jentik nyamuk berkembang biak di dalamnya. Pasalnya, kolam tersebut juga terletak di pemukiman padat penduduk. Jika jentik dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan dapat menyebabkan berkembangnya nyamuk sehingga mengakibatkan penyakit.

Ternyata, ide tersebut disetujui oleh pihak pengelola dan akhirnya salah satu kolam yang cukup besar di area wisata tersebut dimasukkan ikan-ikan lele. Selain bisa menghilangkan jentik nyamuk, tentunya lele yang dipelihara juga bisa dimanfaatkan untuk dijual atau dikonsumsi sendiri.

Ternyata, bukan hanya di Indonesia kolam renang yang berubah menjadi kolam ikan, di India kejadian serupa juga terjadi. Tepatnya, di sebuah resor mewah di Avde Resort. Aveda Resort terpaksa harus tutup sejak Maret 2020. Sejak saat itu hanya beberapa hotel yang diizinkan untuk beroperasi.

Biasanya resor tersebut dipenuhi oleh turis Eropa, tetapi sekarang berubah menjadi kolam ikan jenis bintik mutiara. Ikan bintik mutiara merupakan ikan yang mudah dijumpai di India, mungkin statusnya sama seperti ikan lele di Indonesia.

Karena tidak ada pemasukan lagi, pengelola akhirnya menempatkan 16.000 ikan berumur dua bulan ke dalam kolam tersebut. Peternakan darurat tersebut diharapkan mampu menutupi kerugian yang terjadi selama pandemi.

konser drive-in

Konser Drive-In Pertama di Jakarta Sukses Digelar, Akankah Ada Konser Selanjutnya?

film chadwick boseman

Deretan Film Populer yang Dibintangi Chadwick Boseman