in

Masih Inget Jajanan Depan SD Ini?

Mulai dari telur gulung sampai leker yang nikmat dan lezat

jajanan depan SD
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Waktu masih kanak-kanak, jajanan depan SD itu nggak ada duanya! Dari bakso tusuk sampai telur gulung bisa dengan mudah kita temukan bertenger di depan sekolah. Banyaknya jenis jajanan tersebut mungkin beberapa masih kita ingat sampai sekarang. Yuk, bongkar memori kamu tentang jajanan depan SD!

Telur gulung

Bisa dibilang, telur gulung adalah raja dari jajanan depan SD. Siapa sih yang nggak suka sama jajanan yang satu ini? Rasanya yang gurih dan bentuknya yang mudah dibawa dan dimakan bikin anak-anak tertarik. Belum lagi harganya tidak begitu mahal dan bisa diberi tambahan saus atau kecap.

Telur dadar

Berbahan dasar sama dengan telur gulung, telur dadar biasanya disajikan dalam porsi yang kecil-kecil. Telur yang digunakan pun bisa dari telur puyuh atau telur ayam. Cetakan yang digunakan adalah penggorengan dengan cekungan-cekungan yang lebih kecil sehingga telur dadar berbentuk lebih kecil.

Mie lidi

Makanan ringan ini berbentuk seperti batang lidi sehingga sering disebut sebagai mie lidi. Umumnya, rasa mie lidi pedas. Tapi ada juga varian mie lidi tanpa bumbu pedas dan rasanya lebih gurih.

Es gabus

Manis, lembut, dan dingin adalah kata yang tepat mewakili jajanan yang satu ini. Es gabus sering dijajakan dalam aneka warna, bahkan ada pula yang menyerupai warna pelangi.

Agar-agar

Agar-agar ini dijual dengan berbagai bentuk. Ada yang diiris tipis dan dibuat berbentuk lukisan sederhana oleh penjualnya. Mulai dari bintang sampai masjid, penjual agar-agar siap sedia menghibur pembelinya yang masih anak-anak.

Ada pula jenis agar-agar jelly yang dijual dalam bentuk bola-bola dan diberi susu cokelat sebagai perasanya. Kalau kamu, dulu lebih suka beli yang mana?

Gulali

Ngomongin jajanan yang bisa dibentuk nggak lengkap tanpa kehadiran makanan manis ini. Terbuat dari gula yang dipanaskan, gulali sering kali berwarna merah, putih, dan hijau. Kita pun bisa request mau dibentuk apa. Mau bentuk balon, bunga, atau berbagai hewan, keinginanmu akan dikabulkan oleh penjual gulali.

Kue cubit

Kue yang satu ini terbuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana. Kue cubit biasa dijual di depan SD dan memiliki tambahan meses cokelat atau lainnya.

Kue leker

Jenis kue lain yang biasa di jual di depan SD adalah kue leker. Kue ini dibentuk sangat tipis. Taburan gula dan meses cokelat jadi pengisi yang nikmat. Belum lagi, tambahan pisang bikin kue leker semakin digemari.

Cilok dan baslok

Kalau telur gulung adalah raja jajanan depan SD, cilok dan baslok adalah penantangnya. Cilok dan baslok biasa dijajakan dengan berbagai varian. Ada yang diisi sedikit daging, telur, atau dipadukan dengan tahu.

Kamu bisa beli cilok atau baslok kemudian menambahkan saus atau kecap. Bedanya, cilok terbuat dari aci tanpa tambahan daging sedikit pun. Sementara, baslok atau bakso colok terbuat dari tepung terigu dengan menambahkan sedikit daging, yang biasanya adalah daging ayam, pada adonannya.

Es dung-dung

Pengen yang dingin-dingin? Es dung-dung jawabannya. Es ini punya banyak nama, lho, di berbagai daerah. Berbeda dari es krim, es dung-dung terbuat dari santan yang diputar dalam sebuah wadah.

film tentang hiu

Sederet Film tentang Hiu yang Mencekam, Kamu Pilih yang Mana?

Turnamen Mobile Legend

Ini Dia Juara Pertama Turnamen Mobile Legend di Piala Presiden Esports 2019