in ,

Masih Penasaran Kenapa Donat Bolong?

kenapa donat bolong
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Siapa tidak kenal donat? Roti yang sering dihiasi dengan glazing manis dan menarik ini membuat siapa pun akan tertarik ingin mencoba. Tapi, sebenarnya kenapa donat bolong?

Usut punya usut, ternyata kenapa donat bolong pada bagian tengahnya adalah agar adonan lebih cepat matang.

Adonan donat dibuat dengan mencampurkan berbagai bahan seperti tepung terigu, telur, mentega, air dan bahan pengembang menjadi satu. Setelah diuleni sampai kalis, adonan dibiarkan mengembang.

Sebelum digoreng dalam minyak yang banyak dan suhu yang sangat tinggi, donat dibentuk menjadi lingkaran dengan bagian tengah berlubang. Diharapkan dengan adanya lubang pada bagian tengah itu membuat donat menjadi matang merata dan lebih cepat matang pada bagian dalam donat.

Ada cerita unik di balik bolongnya kue donat itu. Berawal dari seorang kapten kapal kebangsaan Belanda bernama Hanson Crockett Gregory yang memiliki ibu seorang penjual olikoeks, kue khas Belanda yang dimasak dengan cara digoreng.

Kue buatan ibu Gregory berbeda dengan ollikoeks pada umumnya karena ditambahkan campuran buah pala dan kenari sehingga disebut juga dengan dough-nuts alias adonan kacang.

Gregory merasa bahwa kue buatan ibunya sudah sangat enak. Akan tetapi, bagian tengah kue terkadang belum matang karena adonan yang tebal. Ia pun mencari tahu mengapa bagian tepian donat rasanya enak, tapi bagian dalamnya masih bantat.

Ibunya mengatakan bahwa hal itu karena adonan pada bagian tengah kue tidak bisa matang merata karena ketebalan adonan. Oleh karena itu, ia mengusulkan kepada ibunya untuk melubangi bagian tengah kue agar lebih cepat matang.

Versi lain mengatakan bahwa Gregory membawa kuenya dalam perjalanan berlayar. Karena kesulitan mengatur kemudi kapal sambil memakan kue, akhirnya ia menancapkan kuenya ke kemudi kapal hingga berlubang bagian tengahnya.

Ada satu versi lagi yang mengatakan bahwa donat dan bagels, dijual dengan cara yang sama. Keduanya sama-sama merupakan kue yang berlubang di bagian tengahnya. Bagels berlubang karena dijual dengan cara ditancapkan ke gerobak penjual. Konon, donat pun dijual dengan cara demikian.

Donat ini pun memiliki hari perayaan lho. Hingga kini, hari donat internasional selalu dirayakan pada Jumat minggu pertama tiap Juni.

Menurut kamu, lebih setuju versi yang mana?

ala marie kondo

Beres-Beres Rumah Ala Marie Kondo

aplikasi booking tiket

Aplikasi Booking Tiket Buat Kamu yang Hobi Traveling