in ,

Masker Kain Bisa Membantu Mencegah untuk Orang yang Sehat

bisa digunakan untuk yang sehat guna mencegah penyakit, namun tetap jaga jarak ya!

masker kain
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Sangat disayangkan di tengah wabah corona, ketersediaan masker malah menjadi langka. Banyak oknum yang sengaja menimbun masker hanya demi keuntungan pribadi dengan menjualnya lebih mahal daripada harga normal. Imbasnya, masyarakat yang benar-benar sangat membutuhkan menjadi sangat sulit untuk mendapatkan masker. Tapi kabar gembira, masker kain ternyata bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sehat untuk mencegah penularan.

Memang penggunaan masker kain tidak seefektif masker bedah dan masker kesehatan lainnya. Pasalnya, masker bedah memang dirancang untuk memproteksi bagian mulut dan hidung dari partikel sekecil virus yang sangat sulit untuk dilihat dengan kasat mata. Belum lama ini banyak ahli kesehatan yang angkat bicara mengenai seperti apa masker yang tepat. Masker yang tepat untuk menghalau virus adalah masker dengan 3 layer (lapisan).

Namun, kelangkaan masker membuat masyarakat harus pandai-pandai memanfaatkan barang yang ada untuk menjaga kesehatannya agar jangan sampai jatuh sakit. Dilansir dari kumparan.com, dr. Erlina Burhan, Sp.P (K), M. Sch, Ph.D, dokter spesialis pulmonology dan kedokteran respirasi (paru) di RSUP Persahabatan mengatakan penggunaan masker kain memang tidak seefektif masker bedah, tetapi masih bisa berguna pada orang yang sehat.

Masker kain ini tidak disarankan untuk digunakan oleh tenaga medis karena memiliki peluang sebesar 40—90 persen virus atau partikel lain tetap menembus masker masuk mengenai wajah. Oleh karena itu, bagi orang sehat yang mengenakan masker kain, tetap disarankan untuk menjaga jarak 1—2 meter. Masker ini memiliki filtrasi terhadap partikel berukuran 3 mikro yang hanya berkisar 10—60 persen.

Masker yang akan digunakan pun kamu harus pastikan sudah dicuci dengan deterjen dan bahkan jika bisa menggunakan air panas. Penggunaan masker kain menjadi jalan terakhir di tengah kondisi saat ini. Akan lebih ideal penggunaan masker kain, kamu kombinasikan dengan pelindung wajah lainnya.

Ada banyak cara untuk bisa mencegah penularan virus Covid-19. Jangan sampai kita jatuh sakit karena hingga saat ini masih banyak pasien yang harus ditangani oleh dokter dan tenaga medis. Dengan menerapkan pola hidup sehat, memperbanyak asupan vitamin, berjemur di pagi hari, menghindari kontak langsung atau melaksanakan physical dan social distancing, serta tidak lupa untuk rajin mencuci tangan, kita pasti bisa mencegahnya.

Kamu pun bisa membuat disinfektan sendiri guna memproteksi rumah lebih baik. Namun ingat, harus hati-hati saat menggunakannya. Terakhir, tetap berpikiran positif agar tubuh kamu tetap bahagia tidak dilanda stres.

dana darurat

Belajar dari Wabah Corona, Dana Darurat Itu Penting

dalgona coffee

Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer dengan Mudah