in

Masker Wajah, Kenali Jenis dan Bedanya

jenis masker wajah
Foto: freepik

Ngobrolin.idGirls, apakah kamu termasuk penggemar masker wajah? Ternyata, jenis masker wajah sangat beragam, lho. Masing-masing punya fungsinya yang berbeda satu sama lain. Yuk, langsung perhatikan apa saja yang cocok untuk kebutuhan kulitmu.

Sheet mask

Sedang naik daun, masker yang dipopulerkan dari Korea ini digemari karena kepraktisan dan beragam manfaatnya, lho. Seperti namanya, masker ini tersedia dalam bentuk lembaran yang bisa langsung digunakan.

Kamu bisa memilih jenis serum yang digunakan pada sheet mask ini sesuai kebutuhan kulitmu. Namun, fungsi utama dari penggunaan masker sekali pakai ini adalah untuk menghaluskan, melembapkan, dan mencerahkan kulit.

Clay mask

Butuh jenis masker yang bisa mengangkat minyak berlebih? Clay mask jawabannya. Masker ini memiliki tekstur seperti tanah liat yang bisa mengering di wajah. Ia akan menyerap minyak berlebih yang dihasilkan dari pori-pori wajah. Psst… jangan terlalu lama ya, memakai clay mask karena justru akan mengurangi kelembapan alami pada wajah.

Peel-off mask

Suka masker yang kalau sudah selesai bisa ditarik? Cocok banget kamu pakai masker wajah yang satu ini. Peel-off mask biasanya berbentuk gel yang dioleskan ke permukaan wajah. Jika sudah mengering, kamu bisa melepasnya seperti mengelupas lapisan di kulit kamu. Masker jenis ini efektif untuk menghilangkan komedo dan bulu halus di wajah.

Masker eksfoliasi

Kulit-kulit mati sering kali harus dibersihkan dengan cara eksfoliasi. Penggunaan masker eksfoliasi selain berguna mengangkat sel kulit mati, juga bisa digunakan untuk mengangkat kotoran-kotoran yang bersarang di wajah. Bentuk masker ini memiliki butiran halus yang berfungsi sebagai agen eksfoliator, lho.

Gel mask

Bentuknya seperti jelly dan cara penggunaannya adalah dengan diratakan ke seluruh wajah. Agar mendapatkan sensasi dingin dan segar, kamu bisa masukkan jenis masker ini ke kulkas sebelum digunakan. Kandungan minyak di gel mask ini lebih sedikit sehingga cocok untuk kulit berminyak.

Sleeping mask

Masker-masker yang sebelumnya sudah dijelaskan hanya bisa dipakai dalam jangka waktu tertentu. Masker tersebut harus dibersihkan dengan air agar tidak mengotori wajah dan menghalangi pori-pori wajah untuk bernapas.

Nah, sleeping mask ini justru bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, lho. Masker ini bisa kamu gunakan di malam hari dan dipakai untuk tidur. Baru pada pagi harinya, kamu bisa membilas bersih. Kamu bisa aplikasikan sleeping mask untuk menghidrasi kulit dan menyegarkan wajah di pagi hari.

 

diet keto

Wajib Perhatikan Ini Sebelum Diet Keto

jangan telat ganti oli

Jangan Telat Ganti Oli, Ini Akibatnya!