in , ,

Masuk Negara Ini Wajib Sudah Divaksin

wajib divaksin
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini hampir semua negara menerapkan kebijakan vaksin, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, ada beberapa negara yang melonggarkan izin untuk para turis berkunjung dengan wajib  divaksin.

Dilansir dari kumparan.com, CEO AirAsia, Tony Fernandes menyarankan negara-negara Asia untuk mewajibkan vaksinasi Covid-19 kepada turis asing. Pasalnya, maskapai penerbangan tidak bisa menerapkan kebijakan vaksin, hanya pemerintah yang dapat mengeluarkan kebijakan tersebut.

Sebelum AirAsia, Qantas Airways juga menyuarakan vaksin, bahkan sudah mewajibkan penumpang penerbangan internasional untuk divaksin. Kebijakan tersebut dikeluarkan oleh maskapai karena Pemerintah Australia sudah memberlakukan peraturan imigrasi yang cukup ketat.

Nah, berikut ini beberapa negara yang mewajibkan turis divaksin.

Australia

Dilansir dari suara.com, Pemerintah Asutralia berencana mewajibkan turis asing divaksin Covid-19. Australia sudah mengantongi izin untuk menggunakan vaksin buatan Universitas Oxford di Inggris. Pemerintah akan mengadakan vaksin gratis untuk 25 juta warga Australia. Kemungkinan besar vaksin akan diwajibkan untuk seluruh warga negara. Namun, hingga saat ini perbatasan Australia masih tertutup untuk warga negara asing.

Singapura

Dilansir dari cnnindonesia.com, Pemerintah Singapura telah melonggarkan perizinan masuk kepada turis yang tujuannya ingin berlibur dengan syarat sudah divaksin. Turis yang ingin berkunjung harus menunjukkan bukti bahwa dirinya tidak berpotensi menularkan virus karena sudah melakukan vaksinasi. Nantinya, pihak otoritas setempat akan menerapkan kebijakan baru bagi pelancong tersebut.

Singapura sendiri sudah melakukan program vaksin sejak 30 Desember 2020. Golongan pertama yang divaksin adalah peneliti, petugas, dokter, dan perawat di Pusat Penyakit Menular Nasioal Singapura. Kemudian pada Februari 2021, para penduduk yang berumur 70 tahun ke atas yang akan mendapatkan vaksin.

Eropa

Uni Eropa (UE) mewajibkan kepada pelancong untuk memenuhi persyaratan vaksin jika ingin memasuki wilayahnya. Beberapa agen asuransi menolak memberikan perlindungan kepada para pelancong yang belum memenuhi persyaratan vaksin. Namun, besar kemungkinan agen asuransi akan memperbesar tarif kepada para pelancong yang tidak ingin divaksin.

Bahkan, peraturan tersebut sudah dibuat sejak April 2020. Ketika vaksin sudah ada, turis harus melakukan vaksinasi terlebih dahulu sebelum masuk ke UE.

stand by me 2

Stand By Me 2 Bakal Tayang Februari 2021

face shield

Pengisi Acara TV Wajib Menggunakan Masker, Gak Boleh Cuma Face Shield