in

Mati Listrik? Ini Ragam Inspirasi Kegiatan untuk Anak

Lakukan ini bersama anak-anak saat mati listrik melanda

kegiatan untuk anak saat mati listrik
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pemadaman listrik bergilir memaksa orang-orang untuk mencari aktivitas lain yang tidak bergantung pada listrik. Masalahnya, si kecil sering kali tak mau kompromi. Tidak adanya lampu, pendingin ruangan, ataupun sarana hiburan lain membuat anak mudah rewel. Moms, ini ragam inspirasi kegiatan untuk anak saat mati listrik.

Mendongeng

Anak-anak menyukai cerita dongeng yang dibacakan oleh orang tua mereka. Jangan khawatir jika buku cerita menjadi tidak terbaca saat momen pemadaman listrik, Moms tetap bisa menceritakan dongeng yang Moms ingat, lho.

Moms bisa mendongeng tentang kancil dan mentimun, bawang merah bawang putih, ataupun dongeng lain yang tidak membutuhkan buku. Ajak si kecil berbaring di atas kasur dan mendongenglah bersama ayah, adik, dan kakak.

Membuat wayang tangan

Saat mati listrik, biasanya penerangan akan berganti menjadi lampu senter atau lampu emergency lainnya. Pencahayaan darurat tidak akan seterang cahaya lampu menggunakan listrik. Moms bisa memanfaatkannya untuk membuat wayang dari jemari tangan.

Ajak si kecil membelakangi sumber cahaya dan buat berbagai bentuk hewan dengan jari tangan. Mulai dari kelinci, buaya, hingga jerapah bisa dibuat dengan melipat jari-jari tersebut. Sebagai pelengkap, Moms juga bisa mendongeng untuk si kecil.

Main ular tangga

Permainan klasik ini tampak akan terasa biasa saja. Namun saat mati lampu, Moms bisa mengajak si kecil untuk berkumpul bersama keluarga. Mainkan ular tangga secara bergiliran di dekat penerangan darurat seperti senter atau lilin.

Berkemah

Alih-alih berkemah menggunakan tenda, Moms bisa membuat tenda buatan dengan menggunakan selimut. Masuk ke selimut bersama ayah, kakak, dan adik. Di dalam tenda buatan itu, berikan penerangan berupa senter.

Mulailah membuat kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari menyanyi bersama, menyantap camilan ringan, atau bermain tebak-tebakan sederhana. Moms juga bisa mendongeng hingga si kecil terlelap.

Melihat bintang

Listrik belum juga menyala dan di luar cuaca cerah? Coba ajak si kecil ke luar untuk melihat pemandangan langit di malam hari. Pastikan si kecil menggunakan pakaian yang cukup tebal agar tidak terserang demam, ya. Moms bisa mengajarkan beragam benda langit kepada si kecil secara langsung.

manfaat menjalani hubungan LDR

5 Manfaat Menjalani Hubungan LDR

mendapatkan Chicken Dinner di PUBG Mobile

5 Tips Mendapatkan Chicken Dinner di PUBG Mobile