in ,

Mau Beli Lemari yang Terbuat dari Kayu Partikel? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya agar bisa merawat dengan benar

kayu partikel
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Tidak semua lemari kayu dibuat dari kayu betulan karena harga kayu terbilang cukup mahal. Nah, makanya ada bahan yang bernama kayu partikel atau sering disebut sebagai soft board. Apa sih bedanya dengan kayu biasa? Apakah bagus dipakai sebagai perabotan rumah?

Kayu partikel merupakan kayu atau papan buatan yang terbuat dari serbuk-serbuk bekas proses pengukiran atau penggergajian kayu. Serbuk-serbuk tersebut dipadatkan dan direkatkan dengan bahan kimia agar membentuk seperti papan kayu. Pada permukaan kayu partikel biasanya dilapisi dengan bahan sejenis kertas HPL agar tampilannya lebih indah.

Karena terbuat dari sisa-sisa produksi kayu, harga kayu partikel terbilang lebih murah dibanding jenis-jenis kayu yang ada. Bebannya juga tidak terlalu berat sehingga mudah dipindah-pindah.

Perabot rumah seperti lemari yang menggunakan jenis kayu ini akan mudah dibongkar pasang sehingga sangat memudahkan proses pemindahan perabot dari satu tempat ke tempat yang lain.

Sayangnya, pori-pori kayu ini cukup besar sehingga kayu tidak tahan air dan mudah rapuh. Selain itu, kayu juga tidak tahan dengan beban yang terlalu berat. Jadi, jangan gunakan perabot rumah tangga yang terbuat dari kayu partikel untuk menahan benda yang terlalu berat karena bisa saja runtuh.

Kayu partikel juga rentan rusak, terbeset sedikit saja sudah bisa langsung menimbulkan goresan. Sekrup pada engsel kayu juga terbilang rawan lepas dan sulit dipasang kembali.

Kalau kamu memutuskan untuk membeli perabotan yang terbuat dari jenis kayu ini, sebaiknya gunakan secara hati-hati. Jauhi perabot dari sumber air agar lebih tahan lama, jangan gunakan untuk menahan beban berat seperti tumpukan buku tebal, dan jangan sampai terbentur oleh benda tajam.

Kayu partikel cukup mudah dibersihkan. Kamu hanya perlu mengelap permukaan kayu dengan lap basah untuk menghilangkan debu-debu atau kotoran yang menempel.

Meskipun memiliki kekurangan, penggunaan jenis kayu daur ulang ini termasuk salah satu langkah yang ramah lingkungan karena memanfaatkan sisa-sisa pengolahan kayu.

IKEA menjadi salah satu toko furnitur yang mempelopori penggunaan kayu partikel. Banyak perabotan rumah tangga dari IKEA yang menggunakan jenis kayu ini, seperti lemari buku, meja, atau rak TV.

jomblo akut

Gak Ada yang Namanya Jomblo Akut, Sendiri Juga Bisa Bahagia Kok!

belum siap nikah

Ini 5 Pertanda Kamu Belum Siap Nikah