in

Mau Bikin Tabungan Bersama Sebelum Nikah? Begini Tipsnya!

tabungan bersama
Foto: shutterstock

Ngobrolin.id — Kamu yang sudah punya pasangan dan berencana menikah tentu saja sudah mulai merancang masa depan keluarga baru. Menikah memang butuh persiapan yang banyak, termasuk yang paling utama ialah pendanaan. Kamu dan pasangan mungkin punya rencana buat bikin tabungan bersama sebelum nikah. Tapi, bagaimana tipsnya supaya bisa berjalan dengan lancar?

tabungan bersama
Foto: shutterstock

Nah, sepertinya kita perlu Ngobrolin gimana tips bikin tabungan bersama sebelum menikah seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Saling terbuka dan jujur

Untuk mengawali rencana menabung dana pernikahan bersama, kamu dan pasangan perlu membicarakan kondisi keuangan masing-masing terlebih dahulu. Bukan hanya jumlah penghasilan, melainkan juga harus saling terbuka terkait dengan kondisi keuangan secara keseluruhan seperti nilai aset masing-masing, besaran utang, jumlah cicilan, dan lainnya.

Sikap saling terbuka dan jujur seperti ini penting, supaya kamu dan pasangan benar-benar saling memahami kondisi keuangan secara terbuka. Hal ini juga akan mempermudah kamu dan pasangan dalam menentukan target dana yang akan dicapai.

2. Tentukan target yang jelas

Jangan lupa untuk menghitung besaran dana pernikahan yang akan dibutuhkan, agar bisa menentukan target dengan jelas sejak awal. Konsep pernikahan, jumlah undangan, pilihan vendor, dan berbagai hal lainnya tentu akan memengaruhi jumlah biaya pernikahan.

Cobalah untuk membuat perkiraan jumlah dana pernikahan yang kelak dibutuhkan. Dengan begitu, kamu dan pasangan lebih mudah untuk menentukan target bulanan serta jumlah dana keseluruhan. Buat target yang jelas dan masuk akal, di mana target ini sesuai dengan kebutuhan pernikahan nanti. Selain itu, juga sesuai dengan kemampuan keuangan kamu dan pasangan.

3. Bicarakan kemungkinan terburuk sejak awal

Tak ada yang menginginkan hal-hal buruk terjadi, termasuk gagalnya rencana pernikahan. Namun, hal-hal seperti ini tetap perlu dibahas sejak awal, agar kelak kamu dan pasangan tidak mengalami masalah yang semakin rumit. Bahas dengan jelas terkait dengan pembagian dana pernikahan ini, jika misalnya kamu dan pasangan kelak tidak jadi menikah.

4. Lakukan penghematan di dalam keuangan

Untuk mempermudah kamu dan pasangan memenuhi target dana pernikahan, melakukan penghematan di dalam keuangan adalah langkah yang tepat. Susun kembali anggaran keuangan yang lebih ketat.

Lakukan penyesuaian dan pangkas berbagai pos pengeluaran yang tidak begitu penting di dalam keuangan. Penghematan ini akan membuat kamu dan pasangan lebih mudah untuk mengalokasikan lebih banyak uang ke tabungan pernikahan tersebut.

5. Saling memiliki komitmen dan disiplin yang tinggi

Menabung biasanya menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, termasuk untuk dana pernikahan sekalipun. Hobi kuliner, traveling, belanja, dan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya bisa saja menggodamu untuk membelanjakan lebih banyak uang.

Nah, pastikan kamu dan pasangan memiliki komitmen dan disiplin yang tinggi untuk menabung dana pernikahan ini, agar bisa tercapai dengan tepat sasaran. Ada banyak langkah yang bisa lakukan, salah satunya dengan memanfaatkan layanan auto debet dari rekening masing-masing. Dengan begitu, dana tabungan langsung terpotong dan masuk ke rekening bersama sesaat setelah gajian.

parenting

Derita Adik yang Punya Kakak Laki-laki, Kemungkinan Ada Intimidasi

hotel yang instagramable

Pebisnis Perlu Pikirkan Soal Hotel yang Instagramable