in

Mau Bisnismu Tembus Pasar Internasional? Coba Pakai Cara Ini

pasar internasional
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Ada banyak hal yang harus dilalui untuk menjangkau pasar internasional, yang tak jarang menjadi sebuah penghambat tersendiri. Terlebih lagi bagi para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang identik dengan banyaknya keterbatasan.

pasar internasional
Foto: Pixabay

Tapi, jangan berkecil hati, sebab ‘ada banyak jalan menuju Roma!’ Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan pebisnis UKM untuk menembus pasar internasional.

1. Perhatikan tren global dan tentukan pasarnya

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisnis UKM menembus pasar internasional adalah memerhatikan tren global. Cari tahu produk apa saja yang banyak diinginkan pasar sehingga produk kamu diminati. Kemudian tentukan negara mana yang ingin dibidik dan cari tahu karakteristik dari pasar yang kamu tuju.

2. Pasarkan produk yang limited edition

Selain memproduksi barang dalam jumlah banyak, cobalah untuk memproduksi barang yang limited edition khususnya untuk pasar-pasar yang ada di Benua Eropa. Adanya barang edisi terbatas akan menyebabkan konsumen semakin penasaran terhadap keistimewaan barang tersebut sehingga daya beli konsumen meningkat dengan sendirinya.

3. Pastikan legalitas badan usaha

Sebelum memasuki pasar internasional, pastikan produk yang ingin dipasarkan sudah memiliki legalitas yang jelas dari pemerintah sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Hal ini perlu diperhatikan agar produk tidak ditolak ketika hendak dikirimkan ke luar negeri.

4. Mampu berkomunikasi yang baik

Pelaku usaha yang ingin go international perlu mengasah kemampuan berkomunikasi yang baik sebelum akhirnya terjun ke dunia perdagangan di kancah global. Komunikasi yang dimaksud tidak hanya sebatas menjalin kerja sama dengan negara tujuan, tetapi juga perlu menguasai beberapa bahasa asing untuk memperluas wilayah usaha pada masa mendatang.

Meskipun saat ini pelaku usaha semakin dimudahkan dengan adanya terjemahan bahasa asing secara online, alangkah baiknya jika pelaku usaha dapat berkomunikasi secara mandiri tanpa bantuan media apa pun.

5. Manfaatkan internet sebagai media promosi

Memasarkan produk melalui internet sudah wajib hukumnya bila pelaku usaha ingin memperluas wilayah pemasaran dengan cepat. Internet dapat menghubungkan beberapa pembeli dalam satu media dengan biaya yang lebih murah sehingga komunikasi antara penjual dan pembeli berjalan lancar. Internet juga memudahkan pelaku usaha ketika melakukan promosi. Ada media sosial, e-commerce, dan website yang bisa dimanfaatkan.

6. Gunakan metode pembayaran secara internasional

Sediakan rekening bank yang berlaku secara internasional demi memudahkan jalannya transaksi jual beli. Pelaku usaha bisa menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit berlogo MasterCard, Visa, American Express, atau PayPal yang dihubungkan ke rekening bank pribadi.

kerokan bisa bikin kondisi kesehatan makin parah

Kerokan Bisa Bikin Kondisi Kesehatan Makin Parah Lho

tips pakai lipstick tanpa bibir kering

Beauty Vlogger Rachel Goddard Bagi Tips Pakai Lipstik tanpa Bibir Kering