in

Mau Jadi Freelancer, Harus Pahami Ini Terlebih Dahulu

mau jadi freelancer
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Zaman sekarang, bekerja sebagai freelancer tidak bisa dianggap remeh. Beberapa perusahaan ternama bahkan merekrut freelancer untuk membantu keperluan mereka. Mulai dari fotografer dan videografer, pembuat konten, hingga bagian IT kini banyak didukung oleh keberadaan freelancer, lho. Nah, kalau kamu mau jadi freelancer, harus pahami hal-hal berikut, lho.

Sayangnya, tidak semua orang tahu caranya menjadi freelancer yang baik dan benar. Gaji yang besar dalam sekali pemasukan cenderung membuat pekerja lepas lupa bahwa job tidak datang setiap saat. Belum lagi perkara lain yang bisa bikin reputasimu sebagai freelancer justru turun.

Agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, yuk pahami bersama risiko menjadi freelancer dan cara mengatasinya.

Hal pertama yang harus kamu pahami adalah sebagai freelancer, seseorang akan terbebas dari jam kerja. Kerja di mana saja tentu jadi impian banyak orang karena tak harus datang ke kantor.

Namun, ‘kerja di mana saja’ bisa jadi petaka kalau kamu tidak pandai mengatur waktu. Jangan sampai kamu justru keteteran menyelesaikan pekerjaan di mana saja bahkan saat di kamar untuk istirahat. Duh!

Walaupun tidak terikat waktu bekerja delapan jam sehari, freelancer biasanya ditarget dengan deadline alias tenggat waktu tertentu. Dalam jangka waktu tersebut, seluruh pekerjaan yang sudah disepakati harus diselesaikan.

Beberapa freelancer, terutama yang masih pemula, cenderung lupa dengan deadline ini. Jangan sampai terlalu bersemangat membuat karya yang sempurna hingga lupa waktu batas akhir memberikan kepada klien. Ingatlah bahwa sebaik-baik pekerjaan adalah pekerjaan yang selesai tepat pada waktunya.

Kesalahan lain yang kerap dilakukan freelancer adalah malas mencari pekerjaan. Beberapa freelancer memang sudah cukup terkenal sehingga banyak dihubungi untuk mendapat job. Namun, ada kalanya harus kita sendiri yang mencari dan menawarkan jasa yang kita miliki.

Tenang, sekarang sudah banyak kok aplikasi dan situs untuk freelancer sehingga kamu bisa menawarkan jasa dan kemampuanmu kepada klien. Beberapa situs bahkan mengakomodasi klien untuk mengetahui kemampuan freelancer secara spesifik. Jadi, kamu bisa menjual profil dirimu secara maksimal.

Terakhir, tapi tak kalah penting adalah manajemen keuangan. Mendapat proyek dengan nilai fantastis kadang membutakan mata. Ingin rasanya membeli banyak barang dan keperluan sebagai reward kepada diri sendiri.

Memberi hadiah sebagai bentuk memanjakan diri setelah bekerja keras itu baik. Namun, jangan lupa menyisihkan uang sebagai tabungan, ya. Kamu juga bisa mulai berinvestasi dengan jumlah kecil, lho.

planet yang diperkirakan bisa ditinggali

Diperkirakan Bisa Dihuni, Intip 4 Planet Selain Bumi Ini