in ,

Mau Menggunakan Lemon sebagai Masker? Simak Bahaya Lemon untuk Wajah!

bahaya lemon
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Ada banyak cara merawat kesehatan kulit wajah. Hingga saat ini masih banyak orang yang lebih memilih menggunakan bahan-bahan alami karena alasan tertentu. Salah satu bahan yang kerap digunakan untuk merawat wajah adalah lemon. Namun, tahukah kamu, lemon berbahaya bagi kulit wajah. Alih-alih membuat kulit sehat, bahaya lemon justru menimbulkan dampak negatif bagi kulit wajah.

Bahaya pada buah lemon disebabkan oleh kandungan asam. Asam tersebut bisa menyebabkan dampak negatif seperti berikut ini.

Kulit kusam dan wajah mudah iritasi

Sifat asam buah lemon sebetulnya tidak cocok untuk kulit. Kulit wajah cocok dengan pH 4 hingga 5,5. Sementara itu, air perasan lemon ataupun buah lemon sendiri memiliki pH yang tidak bisa ditolerir oleh wajah. Kondisi tersebut malah akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan mudah iritasi.

Kulit menjadi lebih sensitif saat terkena matahari

Setelah menggunakan masker lemon, sebaiknya kamu berhati-hati ketika ingin keluar dari ruangan. Pasalnya, kulit kamu malah jadi lebih sensitif dan mudah terbakar. Buah lemon mengandung psoralen yang dapat membuat kulit iritasi. Kulit kamu akan menjadi kemerahan saat terkena sinar matahari.

Merusak skin barrier

Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang dapat melindungi diri dari berbagai hal yang dapat merusak kulit, seperti debu, bakteri, polusi, dan radiasi sinar UVA/UVB. Kandungan asam dalam lemon bisa merusak skin barrier. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit lebih rentan terserang bakteri penyebab jerawat, radiasi sinar UVA/UVB, dan iritasi akibat polusi.

Menyebabkan flek

Menggunakan air perasan atau buah lemon secara utuh malah akan menyebabkan noda hitam alias flek pada wajah. Kondisi ini kerap dialami oleh pemilik kulit sawo matang. Hal ini disebabkan pigmentasi kulit yang berubah secara drastis. Selain flek, warna kulit wajah menjadi tidak rata.

Wajah kering

Buat pemilik kulit wajah yang kering, kamu perlu menggunakan lemon seperlunya saja karena buah ini bisa menyebabkan kulit makin kering dan kasar. Lemon yang digunakan dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan rasa perih dan kulit mengelupas.

Instagram for Kids

Peluncuran Instagram For Kids Ditunda, Kenapa Ya?

makan di angkringan

Buat Kamu yang Belum Pernah Makan di Angkringan, Ini Alasannya Kamu Perlu Mencoba!