in

Mau Ngapain Aja di Museum?

berkunjung ke museum
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Sering kali kita mati gaya saat berkunjung ke museum. Bukannya mamanfaatkan momen sebaik mungkin untuk melihat koleksi, justru malah asik dengan diri sendiri. Padahal, ada banyak banget manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berkunjung ke museum, lho. Yuk, simak apa yang harus dilakukan saat kita berkunjung ke museum.

Hal pertama yang harus dilakukan saat berkunjung ke museum adalah dengan mencari tahu koleksi terbaik dari koleksi museum itu. Kamu bisa bertanya kepada penjaga museum. Bisa juga dengan sebelum berkunjung, kamu sudah mencari tahu lewat internet.

Misal hendak berkunjung ke museum wayang, cari tahu koleksi wayang apa yang paling menarik di museum itu. Begitu pula jika berkunjung ke museum prasejarah atau museum kapal.

Kedua, jangan lupa gunakan pakaian yang nyaman. Jangan sampai aktivitas terganggu karena outfit yang dikenakan tidak sesuai. Saat di museum, sudah pasti kita akan banyak berjalan dan aktivitas lainnya.

Gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat dengan mudah. Pastikan juga kamu menggunakan sepatu yang nyaman untuk beraktivitas.

Hal ketiga yang harus diterapkan adalah mematuhi aturan di museum. Beberapa museum melarang pengambilan gambar. Jika demikian, kita harus patuh, ya, guys. Jangan gunakan kamera dalam bentuk apa pun di museum itu.

Ada pula museum yang memperbolehkan pengunjungnya untuk memfoto, tetapi tidak boleh menyentuh barang yang dipamerkan. Dengan demikian, jangan sampai berpikiran jahil dan malah menyentuhnya. Nggak mau, kan, urusannya jadi panjang?!

Jika museum memberikan aturan untuk tidak makan dan minum selama dalam ruangan, sebaiknya kita mengatasinya dengan sudah makan dan minum sebelum masuk ke museum.

Cara keempat yang bisa dilakukan saat berkunjung ke museum adalah dengan mencari waktu yang tepat. Sebaiknya, cari waktu di mana tidak terlalu ramai pengunjung yang sedang datang. Dengan demikian, kita pun bisa lebih leluasa di dalam museum.

Museum biasanya akan ramai pada akhir pekan atau hari libur nasional. Pengunjungnya pun sangat beragam, mulai dari individu, keluarga, sampai suatu komunitas, dan siswa-siswi sekolah.

Agar lebih mengerti, kamu juga bisa, lho, minta tolong penjaga museum untuk menjelaskan beberapa hal yang ada di museum. Tentu saja, kita harus baca keterangannya lebih dahulu, ya, agar lebih paham.

Jadi, mau berkunjung ke museum mana akhir pekan ini?

jenis pempek

8 Jenis Pempek, dari Kapal Selam sampai Lenggang

lagu terbaik One Direction

8 Lagu Terbaik One Direction, Masih Ingat?