in

Mau Traveling ke Yogya? Coba Datangi Acara Tahunan Ini

Sempatkan diri untuk menghadiri acara-acara berikut ya

acara tahunan di Yogyakarta
Foto: instagram danu.ds

Ngobrolin.id — Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik, Yogyakarta tidak pernah kehilangan pesonanya. Selain berbagai objek wisata, Yogyakarta juga punya banyak acara tahunan yang menarik. Acara tahunan di Yogyakarta ini sangat beragam dan memikat para pelancong. Penasaran? Yuk, intip dan datangi.

Festival Kebudayaan Yogyakarta

acara tahunan di Yogyakarta
Foto: infofky

Festival yang kerap disingkat sebagai FKY ini merupakan festival kesenian terbesar di Yogyakarta yang rutin diselenggarakan pada pertengahan tahun. Biasanya, acara ini berlangsung selama 2 minggu penuh pada Juli, Agustus, atau September.

Di sini, kamu dapat menikmati berbagai pertunjukan seni dan budaya. Puncaknya, kamu bisa menikmati pertunjukan seni dan budaya dan arak-arakan sepanjang Jalan Malioboro. Psst, pagelaran ini sudah ada sejak 1989, lho.

Festival Grebeg Maulud

acara tahunan di Yogyakarta
Foto: instagram danu.ds

Acara ini lebih populer dengan sebutan Sekaten. Kegiatan tahunan ini diadakan untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW tiap Rabiul Awal tahun Hijriah. Sekaten sendiri diambil dari kata ‘syahadat’ain’. Di sini, kamu bisa menyaksikan ritual dan rangkaian acara tradisi yang diadakan di Keraton Kesultanan Yogyakarta.

Pasar Kangen Yogyakarta

acara tahunan di Yogyakarta
Foto: instagram pasarkangen

Apa yang bikin kangen dari masa lalu? Nostalgia zaman dahulu juga bisa kamu temukan di festival yang satu ini. Pasar Kangen Yogyakarta alias PKY diadakan pada pertengahan tahun pada Juli—Agustus.

Lokasi PKY diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta. Di sini, kamu bisa menemukan barang-barang jadul mulai dari mainan, aksesori, hingga makanan. PKY juga menyajikan berbagai pertunjukan seni tradisional di panggung utamanya.

Ngayogjazz

acara tahunan di Yogyakarta
Foto: instagram ngajogjazz

Suka dengan pertunjukan musik? Mungkin acara tahunan di Yogyakarta yang satu ini cocok buat mengisi liburan kamu di kota gudeg ini. Ngayogjazz adalah pagelaran tahunan yang diselenggarakan dengan menampilkan musisi jazz ternama.

Ngayogjazz sudah rutin diselenggarakan sejak 2007 dan masih berlangsung setiap tahunnya hingga kini. Tempat pelaksanaannya pun berganti-ganti. Jika kamu berminat mengunjunginya pada tahun ini, kamu harus datang ke Kwagon, Desa Sidorejo, Godean, Sleman.

Yogyakarta Gamelan Festival

acara tahunan di Yogyakarta
Foto: instagram aka_rahman

Jika kamu lebih suka mendengarkan musik Jawa klasik, mungkin kamu bisa mendatangi acara tahunan di Yogyakarta yang satu ini. Yogyakarta Gamelan Festival atau YGF merupakan acara yang rutin diselenggarakan pada Agustus dan berlangsung selama 3 hari.

Ada banyak musisi yang hadir pada acara ini menampilkan musik gamelan dan karawitan klasik. Tak hanya itu, di sini kamu juga dapat melihat berbagai pameran dan mengikuti workshop.

tips menghemat paket data

Tips Menghemat Paket Data Saat Traveling

tips berburu tiket liburan

Tips Ajaib Berburu Tiket Liburan: Automurah