in

Melancong Keliling Nusantara Cicipi Takjil Unik Khas Daerah

Dari colenak yang manis dan legit sampai lemang yang gurih sedap.

takjil unik khas daerah
Foto: instagram kueapangcolo

Ngobrolin.id — Momen Ramadan seperti ini tak lengkap rasanya bila tidak berburu takjil. Makanan yang digunakan untuk membatalkan puasa pun ternyata punya ciri khas, lho, di beberapa daerah. Yuk, intip apa saja takjil unik khas daerah tersebut.

Colenak

Berasal dari daerah Jawa Barat, makanan yang satu ini sering digunakan sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. Colenak terbuat dari peyeum atau tape yang belum sepenuhnya terfermentasi. Peyeum tersebut kemudian disiram dengan saus gula merah yang manis dan legit.

Di atas saus, diberi juga parutan kelapa agar rasa manisnya tidak terlalu manis. Saus tersebut jadi cocolan saat makan santapan ini. Nah, dari aktivitas mencocol itu muncullah nama ‘colenak’ yang merupakan singkatan dari kata ‘dicocol’ dan ‘enak’.

Kicak

Panganan yang satu ini berasal dari Yogyakarta. Di daerah asalnya, kicak hanya dijajakan pada bulan Ramadan. Kicak terbuat dari singkong parut yang sudah dikukus kemudian dicampur dengan parutan kelapa, gula, garam, dan vanili.

Campuran tersebut kemudian dibentuk dan dimasukkan ke dalam wadah. Agar tampilannya menarik, kicak diberi tambahan daun pandan dan nangka. Aroma harum dari nangka dan pandan bikin makanan ini semakin menggoda.

Bongko kopyor

Makanan ini khas daerah Gresik, Jawa Timur. Menu manis ini juga hanya dijual pada bulan Ramadan, lho, guys. Bongko kopyor sendiri adalah kuliner yang disajikan dengan cara dikukus dalam buntalan daun pisang.

Bongko kopyor berisi bubur mutiara, serutan daging kelapa muda, pisang, nangka, dan roti tawar yang disatukan. Ketika dikukus dalam daun pisang, aromanya pun semerbak.

Lemang

Kali ini, takjil khas daerah bukan merupakan camilan. Lemang merupakan menu khas Aceh dan Sumatera Barat. Bentuknya mirip lontong, namun lemang terbuat dari campuran beras ketan dengan santan dan garam.

Campuran itu dibungkus dengan daun pisang muda dan dimasukkan dalam batang bambu yang sudah dibersihkan. Lemang pun dibakar hingga isinya matang. Sebagai santapan berbuka, lemang biasa dijodohkan dengan gula merah yang sudah dilelehkan. Lemang juga bisa dimakan dengan lauk rendang.

Jejongkong

Makanan khas Lampung ini menjadi salah satu takjil favorit masyarakat setempat, lho. Jejongkong terbuat dari tepung beras dan sagu dengan tambahan daun suji sehingga warnanya kehijauan.

Kue apang colo

Camilan khas Makassar ini cocok jadi santapan takjil untuk buka puasa. Kue khas Gorontalo ini terbuat dari tepung yang dicampur santan, garam, dan gula. Kue ini disajikan dengan gula merah cair yang memberikan sensasi manis sehingga cocok untuk berbuka.

 

 

 

 

Kado dalam jar

Ide Kado Unik dalam Jar Kaca yang Imut

peluang bisnis kedai kopi

Peluang Bisnis Kedai Kopi Masih Terbuka Lebar