in

Memandikan Kucing Sendiri di Rumah? Why Not!

Jangan sampai salah saat memandikan kucing yaa

memandikan kucing
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sebenarnya, kamu bisa menyewa jasa profesional ketika ingin memandikan kucing agar kucing kamu merasa nyaman ketika dimandikan dan kamu tidak melakukan kesalahan. Namun, pasti ada saja beberapa momen di mana kamu perlu memandikan kucing sendiri di rumah.

Nah, buat kamu yang masih takut-takut memandikan kucing sendiri di rumah, berikut ini Tim Ngobrolin kasih langkah-langkah memandikan kucing yang benar agar kamu tidak selalu bergantung pada penyedia jasa pemandian kucing. Simak ulasan langkah tersebut di bawah ini!

  1. Masukkan kucing ke bak yang sudah disiapkan. Kemudian basahi tubuh kucing secara merata dengan shower mulai dari bagian tengkuk hingga ekor. Kamu tidak boleh membasahi bagian muka dan telinga kucing. Jika bisa, sebaiknya gunakan air hangat.
  2. Setelah tubuh kucing basah, keramasi kucing dengan menggunakan sampo khusus kucing.
  3. Pijat dan gosok bagian tubuh kucing mulai dari badan hingga ekor secara merata.
  4. Setelah sampo merata, bilas tubuh kucing hingga sampo benar-benar hilang.
  5. Usap bagian sekitar mata, hidung, dan telinga dengan menggunakan tangan atau wahslap yang sudah dibasahi dengan air hangat hingga benar-benar bersih.
  6. Peras bagian bulu kucing dari badan hingga ke ekor.
  7. Angkat kucing dari bak dan selimuti dengan handuk. Keringkan tubuh kucing dengan handuk kering agar kucing tidak kedinginan.
  8. Letakkan dalam kandang penjemuran atau travelling box yang sudah dimodifikasi dengan blower selama beberapa saat. Kemudian, gunakan blower untuk mengeringkan bulu-bulu.

Sebelum dimandikan, sebaiknya tutup telinga kucing dengan menggunakan kapas agar air yang digunakan saat mandi tidak masuk ke telinga. Air yang masuk ke telinga kucing dapat menyebabkan peradangan.

Jika kamu tidak memiliki blower khusus kucing, kamu dapat menggunakan kipas angin atau karet sintetis untuk mengeringkan air yang berada di kulit dan bulu kucing.

Setelah bulu kucing mengering secara sempurna, taburkan bedak khusus yang mengandung formula antikutu. Namun, kamu juga bisa menaburkan bedak bayi jika tidak memiliki bedak khusus tersebut. Setelah ditaburkan bedak, sisir bulu kucing agar sisa bedak menghilang.

buku bajakan

Yakin Masih Mau Beli Buku Bajakan? Ini Kerugiannya Lho!

cumlaude

Manfaat dari Gelar Cumlaude