in

Memasarkan Bisnis Mudah dengan 5 Fasilitas Online Terbaik Ini

memasarkan bisnis
Foto: Ilustrasi memasarkan bisnis secara online (Pixabay)

Ngobrolin.id — Di era digital sepeti sekarang ini, sudah banyak hal yang menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Salah satunya, yaitu berbisnis. Sebab, sekarang sudah banyak tools dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis baru kamu, lho. Apa saja tools yang bisa membantu pemasaran bisnismu?

  1. Website

Website adalah alat digital penting yang harus kamu punya. Apa pun bisnis yang kamu jalankan, baik berupa penawaran barang maupun jasa, rasanya sudah saatnya mulai memasarkannya secara online. Website membantu kamu untuk meraih pasar lain yang luasnya tak terbatas sekaligus menjadi profil utama yang penting untuk menunjukkan eksistensi bisnismu.

  1. Mailing list

Dengan mempunyai mailing list,  kamu akan dipermudah memilih informasi e-mail dari klien, partner bisnis atau konsumen potensial yang dimiliki. Meski sekarang sudah ada banyak situs e-mail seperti Gmail dan Yahoo. Namun, tetap saja kamu membutuhkan layanan dengan fitur untuk mengelompokkan kontak penting yang ingin di-update informasinya tiap hari secara efisien.

Ada banyak layanan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan mailing list. Salah satunya, menggunakan alat digital bernama MailChimp yang dapat secara gratis digunakan.

  1. Software pembuat desain

Desain yang menarik pada akhirnya akan menentukan keberhasilanmu untuk mendapatkan konsumen potensial. Terkait dengan masalah itu, kamu tak perlu repot mengeluarkan pengeluaran tambahan hanya untuk desain materi pemasaran.

Salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan adalah Canva. Ini merupakan software desain yang bisa diakses secara gratis. Canva menyediakan template berbagai jenis desain materi pemasaran berupa poster, brosur, flyer, bahkan kartu nama bisnis.

  1. Manajemen dan analisis sosial media

Status Facebook, filter Instagram, hashtag di Twitter dan parameter tren lain di sosial media lainnya juga dapat membantu pemasaran bisnis kamu, lho. Selain itu, mereka juga bisa memudahkan branding produk yang kita miliki kepada publik.

Untuk memudahkan kamu memantau tren di sosial media dan bagaimana produkmu direspons oleh publik, ada satu tools yang bisa digunakan, yaitu Sprout Social. Alat ini akan membantu kamu menganalisis posting tentang produk yang ditawarkan di sosial media sesuai sasaran.

  1. Melalui e-commerce

Sekarang ini sudah banyak wadah yang memberikan peluang untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih luas lagi, yaitu situs e-commerce. Tak ada salahnya, kamu memiliki akun jualan di setiap e-commerce, agar bisnismu semakin dikenal banyak orang dan pelanggan juga akan terus bertambah.

gejala cacar monyet

Seperti Ini Tanda dan Gejala Cacar Monyet

perut six pack

Mau Punya Perut Six Pack Secara Instan? Operasi Saja!