in , ,

Memastikan Toilet Umum Layak Guna

Yuk, pastikan toilet yang akan kita gunakan bersih.

toilet umum layak
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu momok saat bepergian adalah menggunakan toilet umum. Seharusnya, kebersihan toilet menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan oleh penggunanya. Hanya saja, sering kali urusan ini disepelekan karena banyak alasan, mulai dari buru-buru hingga tidak ada biaya. Daripada pusing sama toilet umum yang nggak bener, lebih baik kita sendiri yang memastikan toilet umum layak sebelum digunakan.

Tips pertama mencari toilet yang layak digunakan adalah dengan mengunjungi toilet umum di tempat yang terjamin kebersihannya. Misalnya, cobalah cari toilet yang hanya boleh digunakan untuk orang-orang tertentu. Beberapa restoran biasanya memastikan bahwa pengguna toiletnya hanya orang yang mengunjungi restoran tersebut. Dengan demikian, kebersihannya akan lebih terjamin.

Tips kedua memastikan toilet umum yang layak guna adalah membuka pintu toilet secara perlahan. Walaupun kamu sudah sangat ingin buang air besar ataupun buang air kecil, memeriksa kelayakan toilet sebelum digunakan sangatlah penting.

Kamu harus memastikan pintu tersebut dapat tertutup dan terkunci dengan baik agar tidak ada orang yang tiba-tiba masuk untuk menggunakan toilet tersebut. Kamu juga harus memastikan bahwa terdapat air untuk membersihkan sisa buang air dengan cara membuka keran atau flush toilet.

Selain itu, pastikan pula tidak ada benda atau hal lain yang menempel pada dudukan toilet. Hal ini berlaku bila kamu menggunakan toilet umum yang berbentuk toilet duduk, ya. Sebab, toilet duduk memungkinkan kamu bersentuhan langsung dengan toilet tersebut. Gunakan tisu untuk membersihkan bagian dudukan toilet tersebut.

Jika sudah melaksanakan kepentingan dengan baik, jangan lupa untuk tidak meninggalkan jejak apa pun di dalam toilet. Kamu harus menyiram kembali dan memastikan tidak ada yang tertinggal.

Keluar dari toilet, cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun. Hal ini bisa mengurangi risiko ketika setelah ini kamu akan langsung menyantap makanan atau memegang benda lain. Psst… tak hanya di toilet umum, cuci tangan dengan bersih seharusnya dilakukan usai melakukan buang air besar ataupun buang air kecil, lho.

Tips terakhir memastikan toilet umum layak digunakan adalah dengan meminimalkan kemungkinan menyentuh benda yang tidak diperlukan. Misalnya, kamu harus mendorong ember atau benda lain.

Kita tidak tahu tingkat kebersihan toilet tersebut, terutama jika kamu berada di toilet umum yang dapat diakses oleh semua orang. Dengan meminimalkan memegang benda, itu berarti kamu juga turut mengurangi kontak langsung yang berisiko menularkan mikroorganisme yang tidak diinginkan.

 

memasak dengan serai

Tips Memasak dengan Serai agar Aroma Menggoda Lebih Terasa

tanda atasan tidak puas

Kenali Tanda Atasan Tidak Puas, Saatnya Introspeksi