in ,

Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer dengan Mudah

kopi kekinian yang viral kala social distancing

dalgona coffee
foto: unsplash

Ngobrolin.idDalgona coffee merupakan minuman viral yang muncul di tengah kondisi social distancing dan physical distancing. Tentu saja hal ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat yang sudah bosan di rumah karena mereka bisa mencoba membuat dalgona coffee yang terlihat sangat menarik.

Dalgona coffee merupakan kopi kental asal Korea Selatan yang bisa dibuat sendiri tanpa perlu bantuan barista. Dalgona sendiri di Korea Selatan merupakan nama dari jajanan ringan yang permen yang sering disebut ppopgi. Jajanan ringan ini sudah populer sejak 1970. Dalgona memiliki tekstur seperti spons yang dimasak dengan campuran gula dan minyak. Di negeri asalnya, dalgona menjadi camilan yang nikmat dan kini berubah bentuk menjadi kopi kental dengan perbandingan kopi, air hangat, dan gula sebanyak 2:2:2. Tapi, bagi kamu yang tidak terlalu suka pahit, kadar gula bisa ditambahkan.

Untuk membuat dalgona coffee, kamu membutuhkan bahan yang sangat sederhana, cukup kopi instan, gula, susu, es batu, dan air panas. Tapi, kamu harus perhatikan kopi instan yang kamu gunakan.

Sebagian orang yang mencobanya mengaku gagal karena kopi yang sudah diaduk sampai mau copot tangannya tidak kunjung berubah mengembang. Padahal, jika mengikuti sesuai anjuran, mengaduk kopi tanpa mixer harus dilakukan sebanyak 400 kali. Sudah pegal-pegal, tapi malah gagal.

Kopi instan yang bisa kamu gunakan harus murni kopi tanpa campuran apa pun. Kopi 3 in1 yang sudah diberi campuran gula atau susu tidak bisa digunakan. Selain itu, kamu juga harus menggunakan kopi yang tidak berampas. Setelah semua bahan lengkap. Kamu membutuhkan alat bantu yang sederhana, bukan whisk melainkan saringan kecil yang biasanya digunakan untuk menyaring teh atau minuman lain.

Cara ini disampaikan oleh Devina Hermawan, salah satu peserta Master Chef season 5. Devina menjelaskan pembuatan dalgona coffee versinya di kanal YouTube pribadinya. Dengan cara ini, kamu hanya perlu mengaduk kopi hingga membentuk foam selama 3 menitan. Yang terpenting, saringan harus menyentuh dasar wadah kopi. Oleh karena itu, Devina menggunakan mangkuk dengan dasar yang landai.

Dan, voila! Hanya 3 menit Devina berhasil membuatnya. Kamu bisa mengkreasikan menu ini dengan menambahkan beberapa bahan tambahan, seperti mencampurnya dengan oreo bubuk atau menggunakan brown sugar.

 

 

 

 

masker kain

Masker Kain Bisa Membantu Mencegah untuk Orang yang Sehat

kulit keriing karena

Tips Jitu Mengatasi Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan