in , ,

Membuat Kental Manis Sendiri yang Ternyata Bukan Susu!

susu kental manis
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Kamu pasti kenal dengan susu kental manis atau biasa disingkat SKM, salah satu minuman seduh yang berbentuk seperti cairan kental. Selama ini masyarakat mengenalnya sebagai salah satu jenis susu yang bernutrisi, lho! Kandungan gula di dalam produk ini terbilang sangat tinggi, tetapi tetap aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Kamu bisa menggunakan produk kental manis untuk campuran kopi atau kue.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga sudah mengeluarkan regulasi terkait periklanan produk kental manis agar masyarakat tahu bahwa kental manis bukan bagian dari produk susu yang aman dikonsumsi oleh balita.

Produk-produk kental manis sudah tidak boleh menggunakan gambaran susu cair, iklannya tidak diperankan oleh anak balita, dan jam tayangnya tidak boleh saat jam-jam anak menonton televisi. Selain itu, produk ini juga dilarang untuk menampilkan cara penyajian yang dilakukan dengan menyeduh kental manis menjadi minuman siap konsumsi.

Saat ini sudah banyak merek yang menjual produk kental manis, kamu juga bisa mendapatkannya dengan mudah di warung-warung terdekat. Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya kental manis itu juga bisa dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak begitu sulit didapatkan, kok! Buat kamu yang penasaran dengan resepnya, simak ulasan di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 122 gram susu bubuk kering tanpa lemak
  • 135 gram gula pasir
  • 80—120 ml air mendidih
  • 58 gram mentega tawar

Cara membuat:

  • Masukkan susu bubuk kering, gula pasir, air mendidih, dan mentega yang sudah dilelehkan ke blender.
  • Blender semua bahan hingga tercampur merata.
  • Jika larutan dirasa terlalu kental, kamu perlu menambahkan satu atau dua sendok air mendidih dan aduk kembali hingga tercampur merata.
  • Jika konsistensi larutan yang diinginkan sudah didapat, kental manis sudah bisa disimpan di wadah kedap udara, kemudian dimasukkan ke

Kental manis nantinya akan tetap kental jika disimpan di dalam kulkas. Namun, kekentalan tersebut akan menghilang ketika kental manis diaduk dan disimpan di suhu ruang.

 

layangan putus

Kisah Viral Layangan Putus Bakalan Dibuat Film Serinya

tempe

Sandiaga Uno Berambisi Ingin Jadikan Tempe Sebagai Warisan Budaya Dunia