in

Memilih Alat Dapur Berbahan Kayu, Banyak Untungnya!

Mulai dari sodet kayu hingga talenan pun dari kayu

alat dapur berbahan kayu
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Suka memasak? Pasti tidak asing dong dengan berbagai perlengkapan dapur yang menggunakan kayu sebagai bahan pembuatannya. Di era modern, sepertinya kita semakin sulit menemukan alat dapur berbahan kayu. Namun, memilih peralatan dapur tersebut ternyata memiliki banyak keunggulan, lho.

Alasan pertama adalah alat masak berbahan kayu tidak akan merusak alat masak yang lain. Sodet atau sendok sayur dari kayu tidak akan menggores wajan atau panci milikmu karena pinggirannya yang relatif tumpul bila dibandingkan dengan peralatan dari logam.

Begitu pula bila kamu menggunakan talenan yang berasal dari kayu, alat ini mungkin akan tampak lebih mudah tergores. Namun, kayu yang teriris pisau biasanya tidak akan terlalu dalam bila dibandingkan dengan talenan yang terbuat dari plastik.

Talenan yang terbuat dari plastik juga lebih sulit dihilangkan dari noda. Setelah menggunakannya, biasakan untuk mencuci talenan dengan air mengalir dan sabun, ya. kemudian, bilas dengan air bersih hingga sisa sabunnya hilang.

Kayu memiliki pori-pori yang dapat membuatnya lebih cepat kering saat dicuci. Akibatnya, talenan kayu pun lebih higienis karena bakteri dan mikroba lainnya tidak bersarang dalam air yang belum kering tersebut.

Selain tidak merusak alat dapur lainnya, memilih alat berbahan kayu ini juga tidak akan menimbulkan rasa dan bau aneh pada masakan. Beberapa logam akan menimbulkan bau aneh saat digunakan. Hal ini karena kadang partikel pada logam ikut memengaruhi bau dan rasa makanan tersebut.

Penggunaan sodet ataupun sendok sayur berbahan kayu juga sangat mudah digunakan. Kamu tidak perlu khawatir panas karena kayu merupakan isolator yang baik. Sodet dan sendok sayur pun akan terasa lebih tidak panas dibandingkan dengan alat sejenis yang berbahan logam. Jadi, nggak perlu repot-repot pakai kain lagi untuk melapisinya.

Terakhir tapi tidak kalah penting adalah fakta bahwa kayu jauh lebih ramah lingkungan dibanding bahan pembuat peralatan dapur lainnya. Bahan lain seperti logam, terlebih plastik, akan lebih sulit diurai oleh alam ketika tidak lagi digunakan.

Peralatan dari kayu yang sudah rusak, kemudian dibuang, akan lebih cepat diurai di alam. Oleh karena itu, dengan memilih peralatan dari kayu, kamu juga ikut berkontribusi pada penyelamatan lingkungan dari pencemaran.

Nggak ragu lagi, kan, memilih alat dapur berbahan kayu?

memilih cat rambut

Tips Memilih Cat Rambut Sesuai Karakter

menghilangkan ketombe

Tips Ampuh Menghilangkan Ketombe dan Gatal pada Rambut