in ,

Mempelajari Fiqih Wanita itu Penting

wanita merupakan perhiasan yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya

fiqih wanita
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Wanita merupakan perhiasan di dunia dan perhiasan tersebut harus dijaga dengan baik. Wanita shaliha merupakan perhiasan yang terjaga dengan baik dan penjaganya tersebut adalah ilmu pengetahuan. Setiap cabang ilmu yang turun dari Allah SWT bukan tanpa maksud, di dalamnya pasti tersirat banyak hikmah dan makna, seperti dalam ilmu fiqih wanita. Wanita hidup di dunia harus dengan bimbingan yang tepat agar segala aktivitasnya serta keimanannya dapat dijaga dengan baik.

Misalnya haid, fenomena yang hanya bisa dialami oleh wanita dan kamu sebagai wanita harus mengetahui hal-hal apa saja yang bisa dilakukan selama haid untuk tetap menjaga keimanan. Oleh karena itu, penting untuk memahami dengan baik fiqih wanita dan berikut ini beberapa alasan penting lainnya untuk kamu lebih memahami apa itu fiqih wanita.

Wanita sering dibahas dalam Alquran

Alquran merupakan pedoman hidup umat muslim yang berlaku hingga akhir zaman dan menjadi salah satu mukjizat terbesar bagi Rasulullah SAW. Di dalamnya banyak sekali mengangkat pembahasan mengenai wanita. Hal tersebut bisa dengan mudah terlihat dari nama-nama surat dalam Alquran. Nama-nama tersebut biasanya akan mencerminkan perkara penting yang dibahas dalam surat tersebut.

Beberapa nama surat yang membahas perihal wanita adalah surat An-Nisa’, Maryam, An-Nur, Saba’, dan masih banyak lainnya.

Wanita diciptakan berbeda dengan laki-laki

Pada kenyataannya, wanita dan laki-laki diciptakan berbeda, misalnya saja dari bentuk fisik tubuh. Setiap wanita dan laki-laki diciptakan dengan perbedaan dan keunikannya tersendiri. Hal tersebut tertuang dalam QS. Ali-Imran ayat 36 yang berbunyi:“… Dan laki-laki tidak sama dengan perempuan...” 

Selain itu, perbedaan juga terlihat dari pembagian harta warisan, di mana porsi anak perempuan dan laki-laki akan berbeda. Oleh karena itu, sudah jelas mempelajari fiqih wanita merupakan hal yang penting.

Fisik wanita berbeda dengan laki-laki

Wanita memiliki organ kewanitaan yang merupakan sumber kehidupan seperti rahim, saluran indung telur, dan lain-lainnya. Seluruh organ tersebut akan berfungsi pada waktunya dan wanita harus bisa menjaganya dengan baik yang disertai dengan ilmu.

Psikis wanita berbeda dengan laki-laki

Tak hanya bentuk fisiknya, secara psikis wanita memiliki kondisi yang jauh berbeda dengan laki-laki. Hal tersebut bisa terlihat dari hukum wanita sebagai saksi, karena psikis yang berbeda dengan laki-laki. Jika menggunakan saksi wanita dalam suatu kejadian, jumlahnya minimal dua. Sementara, jika saksi laki-laki, jumlah saksi hanya satu pun tidak mengapa.

Islam hadir untuk mengangkat harkat wanita

Pada zaman jahiliyah, bayi perempuan yang baru lahir harus dikubur hidup-hidup. Selain itu, ada beberapa kebiasaan jahiliyah lainnya yang tidak menghormati wanita. Oleh karena itu, Islam hadir untuk menghapus tradisi tersebut dan mengangkat harkat wanita.

Masih ada banyak aktivitas wanita yang dibahas dalam ilmu fiqih wanita dan kamu bisa membacanya dalam buku Fiqih Wanita yang bisa kamu beli dengan harga spesial di Bukularis.

 

harga masker

Harga Masker Kembali Normal, Penimbun Masker Merugi

social distancing

Hiburan Lucu yang Lahir Saat Masa Social Distancing Berlangsung