in ,

Memulihkan Telapak Tangan Kasar Akibat Sering Mencuci

Hempaskan tangan kasar dengan cara ini

telapak tangan kasar
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Mencuci sudah menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap hari. Namun, tak semua sabun cuci piring ramah bagi kulit manusia. Tangan yang terlalu sering terkena sabun cuci setiap harinya bisa menjadi kasar. Telapak tangan kasar pasti bikin kamu gak pede untuk melakukan jabat tangan dengan kerabat atau orang terdekat.

Kulit yang mengering setelah mencuci disebabkan oleh zat kimia yang terkandung dalam sabun cuci. Zat kimia terebut memang tidak diperuntukkan untuk terkena kulit terlalu sering. Efek yang lebih parah adalah menimbulkan peradangan yang disebut dermatitis atau eksim. Keadaan semakin parah jika di tangan kamu terdapat luka.

Jika dibiarkan tanpa adanya penanganan, kulit kamu akan menjadi semakin kering, mengalami penebalan, dan kemerahan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu lakukan perawatan agar telapak tangan kasar bisa segera enyah.

Gunakan sarung tangan karet

telapak tangan kasar
foto: pixabay

Satu-satunya cara yang paling aman dan mudah digunakan adalah dengan menggunakan sarung tangan karet saat akan mencuci piring. Sarung tangan ini pun sudah bisa kamu dapatkan di beberapa toko alat perabot rumah. Dengan begitu, kamu tidak akan langsung terkena sabun cuci piring dan spons.

Cuci tangan sampai bersih sehabis mencuci

telapak tangan kasar
foto: pixabay

Setelah mencuci, segera cuci tangan kamu hingga bersih dan pastikan sudah tidak ada sabun yang masih menempel di telapak tangan kamu. Selain tidak baik untuk kulit, sabun juga akan membuat tangan kamu menjadi lengket. Setelah itu, gunakan krim pelembap agar kelembapan tangan tetap terjaga.

Cuci tangan seperlunya

telapak tangan kasar
foto: unsplash

Jangan terlalu sering mencuci tangan dengan sabun jika tidak diperlukan. Semakin sering mencuci tangan akan membuat kulit permukaan telapak tangan menjadi semakin kering.

Hand sanitizer sebagai pelembap

telapak tangan kasar
foto: unsplash

Selain bisa membersihkan telapak tangan, hand sanitizer juga berfungsi untuk melembapkan telapak tangan dengan sensasi dingin. Jadi, sekali dayung dua pulau terlampui, dengan hand sanitizer tangan kamu jadi lebih bersih dan lembap.

Pakai body lotion

telapak tangan kasar
foto: pixabay

Body lotion berfungsi untuk menjaga kelembapan sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Apalagi saat kamu berada dalam ruangan ber-AC, kulit jadi mudah kering dan kamu akan membutuhkan body lotion untuk melembapkannya kembali.

Pilihlah sabun cuci piring yang ramah lingkungan

telapak tangan kasar
foto: pixabay

Tak semua jenis sabun cuci piring tidak ramah terhadap kulit. Ada beberapa produk yang ramah lingkungan dan ramah terhadap kulit kamu.

Suami BCL, Ashraf Sinclair Meninggal Dunia

parfum tahan lama

Tips agar Wangi Parfum Tahan Lama