in , ,

Mendikbud Telah Menetapkan Sekolah Tatap Muka pada Juli 2021

sekolah tatap muka
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan bahwa sekolah sudah bisa membuka sekolah tatap muka pada Juli 2021 mendatang. Dilansir dari kompas.com, diharapkan semua sekolah sudah bisa mulai belajar tatap muka pada Juli mendatang sesuai dengan Keputusan SKB 4 Menteri.

Pembukaan belajar tatap muka di sekolah sejalan dengan program vaksinasi yang telah dilakukan oleh guru, dosen, dan tenaga kependidikan lainnya. Kemungkinan program vaksinasi tersebut ditargetkan berakhir pada akhir Juni 2021.

Tenaga kependidikan dan guru sudah masuk menjadi daftar prioritas pada program vaksinasi tahap kedua. Hal ini dikarenakan siswa sudah terlalu lama tidak belajar di sekolah. Nadiem menilai bahwa risiko dari PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) itu terlalu besar apabila PJJ tetap dibiarkan berlanjut terus-menerus.

Risiko PJJ paling terasa pada siswa. Oleh karena itu, Kemendikbud mengambil langkah cepat untuk mendapatkan vaksinasi yang diperuntukan kepada tenaga kependidikan. Upaya ini diharapkan dapat membuat siswa belajar di sekolah dengan kondisi yang lebih aman, meski kegiatan belajar di sekolah tidak langsung kembali 100 persen. Kemungkinan kegiatan belajar di sekolah akan dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Belajar tatap muka sudah bisa dimulai saat ini oleh tenaga kependidikan yang sudah melaksanakan vaksinasi. Sekolah yang ingin membuka belajar tatap muka harus menerapkan protokol kesehatan dan memenuhi daftar periksa.

Sementara itu, sekolah yang sudah membuka belajar tatap muka tetap dipersilakan untuk melanjutkannya. Kegiatan tersebut diharapkan jangan sampai ditutup. Oleh karena itu, sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan yang benar. Saat ini sudah ada 22 persen sekolah yang belajar tatap muka.

Nadiem menjelaskan bahwa kapasitas belajar tatap muka hanya boleh dilakukan sebesar 50 persen. Oleh karena itu, sekolah juga masih membuka sistem PJJ agar proses pembelajaran tetap berjalan lancar. Orangtua boleh memilih untuk mengizinkan anaknya belajar di sekolah atau PJJ dari rumah.

dongeng sebelum tidur

Bunda, Dongeng Sebelum Tidur Itu Sangat Bermanfaat, Lho!

minyak jelantah

Tips Memanfaatkan Minyak Jelantah Bekas Pakai