in

Menerbitkan Buku Tanpa Penerbit, Memang Bisa?

menerbitkan buku tanpa penerbit
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu metode konvensional dalam penerbitan buku adalah memberikan naskah kepada penerbit untuk diterbitkan. Memasuki era yang baru, kini cara menerbitkan buku tak melulu dengan langkah tersebut. Kita sudah bisa menerbitkan buku tanpa penerbit, lho. Bahkan, cara ini lebih mudah dan keuntungan yang didapat bisa lebih tinggi.

Self Publishing

Cara ini populer di kalangan penulis yang tidak mau terikat dengan aturan penerbitan. Kamu bisa menentukan sendiri seberapa tebal buku yang akan kamu buat tanpa batasan. Selain itu, kamu juga bisa membuat desain sampul kamu sendiri. Di sela-sela tulisan, kamu juga bisa tambahkan ilustrasi hingga layout sendiri.

Seperti namanya, self publishing juga memungkinkan untuk mencetak sendiri sesuai keinginan kamu. Di bagian belakang buku, tidak ada logo penerbit ataupun percetakan. Buku yang kamu buat pun benar-benar 100 persen hak milikmu.

Sayangnya, kamu butuh perencanaan yang benar-benar matang jika ingin melakukan cara ini. Kamu harus memiliki konsep buku yang kamu buat, mulai dari isi hingga desain. Begitu pula dengan teknik pemasaran. Apakah para pembaca setiamu bersedia membelinya atau tidak, atau justru menginginkan bukumu dalam jumlah banyak.

Gunakan internet

Hari gini nggak memanfaatkan kecanggihan internet, kamu ke mana saja? Kini, kita bisa menerbitkan buku secara online, lho. Bahkan, buku yang kita buat bisa dibaca ke seluruh penjuru dunia. Cara ini dikenal dengan nama e-ways publishing.

Ada banyak website yang menyediakan template buku secara gratis. Begitu pula dengan website yang bisa digunakan untuk mengunggah naskah yang kamu miliki. Pembacamu bisa datang dari mana saja.

Print on demand

Jika kamu merasa sudah cukup memiliki nama di kancah kepenulisan, kamu bisa menggunakan cara ini untuk menarik pembaca. Kamu bisa menyiapkan naskah yang dipublikasikan sebagai cuplikan dari bukumu. Selanjutnya, kamu akan menjual bagian yang kurang lengkap dari naskah tersebut.

Mencetak buku dengan metode print on demand memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya, kamu bisa menyesuaikan target pembaca dengan jumlah buku yang kamu terbitkan. Kamu pun tak perlu repot-repot mencari pasar untuk karyamu karena mereka sudah pasti akan membacanya.

kerja sampingan mahasiswa

Ini Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Interior kafe di Korea

Unik, Interior Kafe di Korea Seperti Digambar Pakai Pensil